ANALISIS KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENANGGAPI KELUHAN PELANGGAN DI PDAM TORAJA UTARA
Kata Kunci:
Kompetensi, Sumber Daya Manusia, PelangganAbstrak
Perusahaan Daerah Air Minum PDAM selalu memberikan pelayanan prima dengan menyelenggarakan hubungan yang baik dengan pelanggan melalui penyediaan informasi yang akurat serta penanganan pengaduan yang mudah dan cepat yang mengutamakan kepuasan pelanggan, serta senantiasa melakukan perbaikan yang berkesinambungan. Perusahaan Daerah Air Minum PDAM Toraja Utara. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi dan informan pada penelitian ini berjumlah 3 orang yaitu kepala bagian, pegawai distribusi dan pelanggan. Kompetensi sumber daya manusia dalam menangani keluhan pelanggan, faktor yang mempengaruhi sumber daya manusia dan efektivitas sistem penanganan kesimpulan dari penelitian ini ialah. Keluhan yang disampaikan oleh pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum PDAM Toraja Utara dan upaya perusahaan untuk meningkatkan kualitas air bersih bagi masyarakat umum dapat di peroleh melalui pelatihan dan pengembangan karyawan