PENGARUH PENGELOLAAN DANA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI CREDIT UNION SAUAN SIBARRUNG
DOI:
https://doi.org/10.34207/Keywords:
Pengelolaan Dana, Promosi , Kualitas layanan dan Loyalitas anggotaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran pengelolaan dana, Promosi dan kualitas layanan terhadap terhadap loyalitas anggota. Sebuah studi pada koperasi CU Sauan Sibarrung Tana Toraja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai media pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota CU Sauan Sibarrung dengan pemilihan sampel secara purposive yakni mereka yang telah menjadi anggota minimal dua tahun berturut-turut. Analisis data menggunakan metode regresi berganda serta melakukan uji t dalam melihat korelasi dan pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengelolaan dana, Promosi dan kualitas pelayanan pada CU Sauan sibarrung mempunyai hubungan dan
pengaruh terhadap loyalitas anggota CU. Hasil ini juga menunjukkan bahwa faktor pengelolaan dana mempunyai hubungan yang paling kuat disusul loyalitas anggota dalam menunjang loyalitas anggota. Secara keseluruhan ketiga variabel tersebut memberi dampak yang besar yakni 83.7 % terhadap loyalitas anggota sehingga ketiga unsur ini harus menjadi perhatian manajemen dalam upaya meningkatkan loyalitas anggota.