PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI 2018-2020)
Kata Kunci:
Tanggung jawab Sosial Perusahaan (CSR), Leverage, Kualitas LabaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pengungkapan corporate social responsibility terhadap kualitas laba
dengan leverage sebagai variabel pemoderasi. Data dalam penelitian
ini merupakan data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan
berkelanjutan (CSR). Data tersebut diperoleh dari website resmi
BEI dan pada masing-masing perusahaan yang melampirkan data
tersebut. Penentuan sampel menggunakan metode purposive
sampling dengan 79 sampel perusahaan manufaktur dari tahun
2018-2020. Hasil analisis menggunakan uji-t dan uji-f menunjukkan
tanggungjawab sosial perusahaan dan leverage berpengaruh positif
terhadap kualitas laba sebesar 14,5 %, dan sisanya dipengaruhi oleh
faktor lain.