ANALISIS DAMPAK SISTEM PELAYANAN KAS DAERAH ONLINE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH DI BANK PAPUA KANTOR CABANG UTAMA NABIRE

Penulis

  • Hans Pilipus Dori Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Kristian Hoegh Pride Lambe Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Sita Yubelina Sabandar Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1610/9jpc7r74

Kata Kunci:

digitalisasi perbankan, kepuasan pelanggan, sistem Kas Daerah Online, efisiensi layanan, Bank Papua

Abstrak

Penelitian ini menganalisis dampak implementasi Sistem Pelayanan Kas Daerah Online terhadap tingkat kepuasan nasabah di Bank Papua Kantor Cabang Utama Nabire. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan sepuluh responden, termasuk nasabah dan staf bank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini secara signifikan meningkatkan efisiensi transaksi, mempercepat pencairan dana, dan memberikan kenyamanan bagi nasabah. Namun, terdapat kendala dalam hal gangguan jaringan internet dan keterbatasan sumber daya manusia yang mempengaruhi kelancaran layanan. Temuan penelitian ini berkontribusi terhadap literatur mengenai digitalisasi layanan perbankan daerah dengan menegaskan bahwa kualitas layanan berbasis teknologi, terutama dalam aspek kecepatan dan keandalan sistem, memainkan peran penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Secara praktis, hasil penelitian ini memberikan wawasan bagi Bank Papua untuk meningkatkan infrastruktur teknologi serta memperkuat kapasitas SDM guna memastikan layanan yang lebih optimal. Meskipun penelitian ini memberikan gambaran yang jelas mengenai efektivitas sistem Kas Daerah Online, keterbatasan dalam jumlah sampel dan cakupan geografis menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut disarankan untuk memperluas cakupan wilayah serta menerapkan metode kuantitatif guna mengukur tingkat kepuasan pelanggan secara lebih mendalam. Dengan pengembangan berkelanjutan, diharapkan sistem ini dapat menjadi model layanan keuangan digital yang lebih efisien dan inklusif bagi perbankan daerah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Pertama, Issue March). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Firmansyah. (2018). Pengantar Manajemen (Edisi ke-1). Deepublish.

Halik, J. B., Rantererung, C. L., Sutomo, D. A., Rasinan, D., Daud, M., & Todingbua, M. A. (2024). Era Disruptif (J. B. Halik (ed.); 1st ed.). CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=kKUDEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA179&ots=GVM0GTeahE&sig=ixF8ruUsRR4KmAtdE_GYwrlvO4k&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Halik, J. B., Lintang, J., & Patandean, E. H. B. (2024). The role of employee productivity through digitalization in increasing the performance of culinary SMEs. Brazilian Journal of Development, 10(2). https://doi.org/10.34117/bjdv10n2-047

Halik, J. B., Yemima, Y., & Halik, M. Y. (2023). THE INFLUENCE OF PARTICIPATION IN BUDGET PREPARATION ON MANAGERIAL PERFORMANCE AT PT PLN (PERSERO) DISTRIBUTION MAIN UNIT AND SULAWESI LOAD MANAGEMENT CENTER. Journal Of Entrepreneur, Business, and Management, 1(3), 9–19. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/jebm.v1i3.66

Handayani, P. W., Suryadi, K., & Azzahro, D. F. (2021). Digital banking transformation: Evaluating customer experience using mobile banking applications. Journal of Business and Retail Management Research, 15(4), 55-67.

Lambe, K. H. P., & Halik, J. B. (2024). INOVASI PRODUK DAN PROSES SEBAGAI KUNCI KEUNGGULAN BERSAING UKM KULINER. Paulus Journal of Accounting (PJA), 6(1), 82–93. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/pja/article/view/805

Mangopo, R. M., Landjang, X. I. S., Lambe, K. H. P., & Jaya, A. (2025). Analisis Pengelolaan Pajak dan Retribusi Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Jayapura. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 8(1), 171–180. https://doi.org/10.36778/jesya.v8i1.1887

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications Inc.

Notoatmodjo, S. (2015). Metodologi penelitian. Rineka Cipta.

Oliver, R. L. (2021). Satisfaction: A behavioral perspective on the consumer. Routledge.

Paembonan, R., Ma’na, P., & Halik, J. (2024). Analisis akuntabilitas kinerja keuangan daerah di kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang kabupaten biak provinsi Papua. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 02(2), 1–6. https://www.ojsapaji.org/index.php/mariobre/article/view/254/143

Pagiling, O. F., Jaya, A., & Halik, J. B. (2024). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Restoran McDonald ’ s Makassar. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi), 10(1), 402–415. https://doi.org/https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.2011

Parasuraman A Parsu, A. Zeithaml, V., & L Berry, L. (1988). SERVQUAL A Multiple-item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Patton, M. . (2015). Qualitative Evaluation and Research Methods. SAGE Publications Inc.

Priansa, D. J. (2017). Manajemen pelayanan prima. Alfabeta.

Rizal, S. (2020). Evaluasi kualitas pelayanan dan dampaknya terhadap kepuasan nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Bengo, Cabang Watampone. Profitability: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1), 45-60.

Saputra, M. R. A., & et al. (2023). Metode Ilmiah dan Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Kepustakaan. Nizamia Learning Center.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Research Method for Business (6th ed.). Salemba Empat.

Setiawati, L., Todingbua, M. A., & Halik, J. B. (2025). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan pada KPP Makassar Utara. Scientific Journal of Economics, Management, Business, and Accounting, 15(1), 141–155. https://doi.org/10.37478/als.v15i01.5342

Sudaryono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Prenadamedia.

Sugiyono. (2020). Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sitorus, T., & Yulianto, A. (2019). Pengaruh digital banking terhadap kepuasan nasabah di bank daerah. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(2), 101-115.

West, D. M. (2004). E-government and the transformation of service delivery and citizen attitudes. Public Administration Review, 64(1), 15-27.

Wowiling, C. N. (2016). Analisis tingkat kesehatan bank dengan menggunakan metode CAMEL (Studi kasus pada PT. Bank SulutGo). Politeknik Negeri Manado.

Unduhan

Diterbitkan

20-02-2025

Cara Mengutip

ANALISIS DAMPAK SISTEM PELAYANAN KAS DAERAH ONLINE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH DI BANK PAPUA KANTOR CABANG UTAMA NABIRE. (2025). ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 27-34. https://doi.org/10.1610/9jpc7r74

Artikel Serupa

1-10 dari 11

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.