Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian di UMKM Kuliner
DOI:
https://doi.org/10.1610/z0fkx761Kata Kunci:
Digital marketing, kualitas layanan, keputusan pembelian, UMKM kuliner, SEM-PLSAbstrak
UMKM kuliner memiliki peran strategis dalam perekonomian, namun persaingan yang ketat dan perubahan perilaku konsumen menuntut strategi pemasaran yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada UMKM kuliner. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode SEM-PLS, penelitian ini melibatkan 70 responden yang pernah melakukan pembelian di UMKM kuliner di Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan pemasaran melalui media sosial dan e-commerce sebagai faktor utama. Selain itu, kualitas layanan memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan digital marketing, menegaskan bahwa kepuasan terhadap layanan menjadi faktor utama dalam keputusan pembelian. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya keseimbangan antara strategi pemasaran digital dan peningkatan kualitas layanan dalam meningkatkan daya saing UMKM kuliner.
Unduhan
Referensi
Albi, M., Parlyna, R., & Hidayat, N. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Aplikasi Belanja Online X. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Keuangan, 2(3), 89–99. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
ANASTASIA, R., RURUK, N., JAYA, A., HALIK, J. B., & LONDONG, J. P. (2023). Pengaruh Relationship Marketing dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue Makassar. YOS SOEDARSO ECONOMICS JOURNAL (YEJ), 5(2), 56–70. https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/ysej-server/article/view/yej5205
Dinas Koperasi Kota Makassar. (2024). DINAS KOPERASI DAN UMKM PEMERINTAH KOTA MAKASSAR. Webpage. https://diskopukm.makassarkota.go.id/home/
Ghozali, I. (2021). Partial Least Square: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.2.9 (3rd ed.). Universitas Diponegoro.
Hair, J. F., Howard, M. C., & Nitzl, C. (2021). Review of Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook. In Structural Equation Modeling: A Multidisciplinary Journal (Vol. 30, Issue 1). https://doi.org/10.1080/10705511.2022.2108813
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Halik, J. B., & Halik, M. Y. (2024). Open Innovation And Digital Marketing : A Catalyst For Culinary SMEs In Makassar. Jurnal Manajemen, 28(03), 588–612. https://doi.org/10.24912/jm.v28i3.2059
HALIK, J. B., NURLIA, N., & LATIEP, I. F. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KOSUMEN DI MAKASSAR COFFEE HOUSE ( MCH ). Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 01(1), 48–60. https://ojsapaji.org/index.php/mariobre/article/view/163
Halik, J. B., Parawansa, D. A. S., Sudirman, I., & Jusni, J. (2023). Implications of IT Awareness and Digital Marketing to Product Distribution on the Performance of Makassar SMEs. 유통과학연구 Journal of Distribution Science, 21(7), 105–116. https://doi.org/10.15722/jds.21.07.202307.105
Halik, J. B., Rantererung, C. L., Sutomo, D. A., Rasinan, D., Daud, M., & Todingbua, M. A. (2024). Era Disruptif (J. B. Halik (ed.); 1st ed.). CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=kKUDEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA179&ots=GVM0GTeahE&sig=ixF8ruUsRR4KmAtdE_GYwrlvO4k&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Halik, J., Halik, M., Nurlia, N., Hardiyono, H., & Alimuddin, I. (2021). The Effect of Digital Marketing and Brand Awareness on the Performance of SMEs in Makassar City. ICONEBS 2020: Proceedings of the First International Conference on Economics, Business and Social Humanities, 84. https://doi.org/10.4108/eai.4-11-2020.2304613
Haryono, S. (2017). Metode SEM untuk penelitian manajemen dengan AMOS LISREL PLS. Luxima Metro Media, 450.
Jaya, A., Lintang, J., Mongan, C. J., & Munda, J. E. (2023). PENGARUH KEMUDAHAN TRANSAKSI DAN NILAI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (SURVEY PADA KONSUMEN SHOPEE). Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 01(1), 25–34. https://ojsapaji.org/index.php/mariobre/article/view/170
Kotler, P. (2018). Manajemen Pemasaran (J. Purba (ed.); 12th ed.). PT. INDEKS.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2024). MARKETING 6.0: The Future is Immersive. John Wiley & Sons, Inc.
Kotler, P., Kertajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital (A. Tarigan (ed.); 1st ed.). PT. Gramedia Pustaka Tama.
Kotler, P., Kertajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for Humanity. John Wiley & Sons, Inc.
Lambe, K. H. P., & Halik, J. B. (2024). INOVASI PRODUK DAN PROSES SEBAGAI KUNCI KEUNGGULAN BERSAING UKM KULINER. Paulus Journal of Accounting (PJA), 6(1), 82–93. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/pja/article/view/805
Latiep, I. F., Dewi, A. R. S., Syam, A., Halik, J. B., & Chakti, A. G. R. (2023). INOVASI BISNIS ONLINE. In B. Majid & H. Hardiyono (Eds.), Chakti Pustaka Indonesia (1st ed., Vol. 1). Chakti Pustaka Indonesia.
Octavina, L. A., & Rita, M. R. (2021). Digitalisasi umkm, literasi keuangan, dan kinerja keuangan : Studi pada masa pandemi Covid-19. STIE Perbanas Press 2021, 11, 73–92. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i1.2552
Pagiling, O. F., Jaya, A., & Halik, J. B. (2024). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Restoran McDonald ’ s Makassar. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi), 10(1), 402–415. https://doi.org/https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i1.2011
Parasuraman A Parsu, A. Zeithaml, V., & L Berry, L. (1988). SERVQUAL A Multiple-item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Rahayu Tiara. (2024). Strategi Pengembangan Bisnis dengan Metode SOAR. Institut Agama Islam Negeri Metro.
Santosa, P. I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Penerbit ANDI.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Research Method for Business (6th ed.). Salemba Empat.
Semaranata, I. W. M., & Telagawathi, N. L. W. S. (2022). Pengaruh Relationship Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Simpati Di Kota Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(1), 63–71.
Singarimbun, M & Effendi, S. (2008). Metode Penelitian Survei. LP3ES.
Stanton, W. J. (2001). Prinsip Pemasaran (7th ed.). Erlangga.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D (Edisi 3). Alfabeta.
Susilana, R. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.
Syamnarila, A. P., Efendi, A., & Abdullah, W. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Charles & Keith Mall Ratu Indah Makasar. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 3(3), 15–25.
Tamara, K. lorenza the, Jaya, A., & Halik, J. baptista. (2023). Pengaruh Social Media Marketing dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Tastea Perintis Kemerdekaan Makassar. Jurnal Ekonomi Islam, 19, 112–131.
Wirtz, J., & Lovelock, C. (2016). Service marketing communications. World Scientific Book Chapters, 210–264
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License