Dampak Kualitas Layanan Terminal Pelabuhan terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang Kapal Feri di Pelabuhan Pelabuhan Pamatata Kepulauan Selayar
DOI:
https://doi.org/10.1610/9ynqqp81Kata Kunci:
kualitas layanan, kepuasan, pelabuhanAbstrak
Pelabuhan Penyeberangan Pamatata di Kepulauan Selayar, yang berada di bawah pengelolaan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, memiliki peran strategis dalam mendukung mobilitas penumpang serta distribusi barang ke dan dari Pulau Selayar. Sebagai jalur transportasi utama yang menghubungkan wilayah kepulauan dengan daratan utama, pelabuhan ini berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dan kelancaran aktivitas masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana kualitas layanan terminal pelabuhan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan penumpang kapal feri yang menggunakan jasa di Pelabuhan Penyeberangan Pamatata. Dengan menggunakan metode accidental sampling, penelitian ini melibatkan 60 penumpang sebagai responden yang dipilih secara acak berdasarkan ketersediaan mereka saat penelitian berlangsung. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas layanan terminal pelabuhan dengan kepuasan penumpang. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin baik kualitas layanan yang diberikan, seperti fasilitas terminal, ketepatan waktu keberangkatan, kenyamanan ruang tunggu, serta keramahan petugas, maka tingkat kepuasan penumpang juga akan meningkat.
Unduhan
Referensi
Asmiati, A., Sulastriani, S., & Citta, A. B. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Mendukung Transformasi Transportasi Laut Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 6184-6197.
Basith, Abdul, Kumadji, Srikandi & Hidayat, Kadarisma. (2014). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan De’Pns Pancake and Waffle di Kota Malang).
Darwis, F., Resti Mulya, E., & Hariyanto, B. (2021). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PELABUHAN FERY JUANGA. Jurnal Teknik SILITEK, 1(01), 1–8. https://doi.org/10.51135/jts.v1i01.
Faradibah, F., Citta, A. B., & Slamet, S. (2024). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK BRI KCP BOULEVARD KOTA MAKASSAR. Nobel Management Review, 5(2), 151-162.
Hardiyanti, Siska Aprilia et al. (2019). Analisis Tingkat Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang pada Pelabuhan Ketapang Kabupaten Banyuwangi. JMOM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matermatika Vol 4 No 2 September 2019
Hermansyah, Y., & Sugianto, W. (2025). Analisis Pengaruh Produktivitas Pekerja dan Teknik Kerja pada Kinerja Graving Dock di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero). Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 293-301.
Ihsan, Dinda. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak). Malang: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo press
Jinca, Yamin N., (2011), Transportasi Laut Indonesia, Analisis Sistem dan Studi Kasus, Surabaya: Brilian Internasional
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Keputusan Menteri Nomor 52 Tahun 2004 tentang Penyelenggaraan Pelabuhan
Penyeberangan. 2004. Jakarta: Departemen Perhubungan Republik Indonesia
Lambe, K. H. P., & Halik, J. B. (2024). INOVASI PRODUK DAN PROSES SEBAGAI KUNCI KEUNGGULAN BERSAING UKM KULINER. Paulus Journal of Accounting (PJA), 6(1), 82–93. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/pja/article/view/805
Latiep, I. F., Dewi, A. R. S., Syam, A., Halik, J. B., & Chakti, A. G. R. (2023). INOVASI BISNIS ONLINE. In B. Majid & H. Hardiyono (Eds.), Chakti Pustaka Indonesia (1st ed., Vol. 1). Chakti Pustaka Indonesia.
Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.
Malisan. (2017). Analisis Tingkat Pelayanan Terminal Penumpang Pelabuhan Balikpapan. Jurnal Penelitian Transportasi Laut 19 (2017), pp. 76-87
Nurbaya, Fadliyah & Hadi, Winoto. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Pelabuhan Muara Angke. Jurnal Logistik DIII Transportasi UNJ. Volume XIII No 1, April 2020.
Pagiling, O. F., Jaya, A., & Halik, J. B. (2024). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Restoran McDonald ’ s Makassar. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi), 10(1), 402–415. https://doi.org/ 10.35870/jemsi.v10i1.2011
Paisal & Afrizawati. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Terminal Penumpang Kapal Cepat terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol 15 (2), 2017.
Peraturan Menteri Perhubungan No. 39 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan penumpang Pelabuhan Penyeberangan, Jakarta: Kementerian Perhubungan
Putra, AA & Djalante, Susanti. (2016). Pengembangan Infrastruktur Pelabuhan dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Media Engineering Vol.6 No.1, Januari 2016 (433-4) ISSN: 2087-9334
Raharjo, Sugeng. (2015). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV. Sinar Utama di Tenggarong. Jemi Vol 15 No 1, Juni 2015. Hal 101-105.
Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 11, No. 1. Hal:1-8Santosa, P. I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Penerbit ANDI.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D (Edisi 3). Alfabeta.
Susilana, R. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Journal of Visual Languages & Computing, 11(3), 287–301.
Salingkat, M. P., Suleman, M. P., Syaqiq, S., MM, M., & Batary Citta, S. E. (2024). Inovasi Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Tim Unggul.
Sibali, A., Erhanuddin, E., & Jainuddin, J. (2025). Dampak Pembangunan Infrastruktur Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir Kepulauan Selayar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 302-308.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License