PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI 2018-2020)

Penulis

  • Noberto Nugroho Sitorus Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Bertha Beloan Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Frischa Faradila Arwinda Mongan Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Maria Yessica Halik Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

Kata Kunci:

Tanggung jawab Sosial Perusahaan (CSR), Leverage, Kualitas Laba

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pengungkapan corporate social responsibility terhadap kualitas laba
dengan leverage sebagai variabel pemoderasi. Data dalam penelitian
ini merupakan data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan
berkelanjutan (CSR). Data tersebut diperoleh dari website resmi
BEI dan pada masing-masing perusahaan yang melampirkan data
tersebut. Penentuan sampel menggunakan metode purposive
sampling dengan 79 sampel perusahaan manufaktur dari tahun
2018-2020. Hasil analisis menggunakan uji-t dan uji-f menunjukkan
tanggungjawab sosial perusahaan dan leverage berpengaruh positif
terhadap kualitas laba sebesar 14,5 %, dan sisanya dipengaruhi oleh
faktor lain.

Diterbitkan

16-01-2024

Cara Mengutip

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI 2018-2020). (2024). Paulus Journal of Accounting (PJA), 3(2), 14-29. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/pja/article/view/113

Artikel Serupa

11-20 dari 42

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.