AKTUATOR PNEUMATIK SEBAGAI SIMULATOR BEBAN VERTIKAL PADA SUSPENSI RODA KENDARAAN BOBOT RINGAN
Kata Kunci:
Shock Absorber, Suspensi pneumatikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar beban dinamis vertikal yang dihasilkan oleh bobot bodi dan bobot sumbu kendaraan dan untuk mengetahui pengaruh Shock Absorber dan Pegas Spiral terhadap beban dinamis vertikal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara mengatur tekanan udara bertekanan dari compressor oleh regulator mulai dari tekanan P = 1 sampai 6 bar. Besarnya tekanan tersebut masuk ke dalam silinder sambil mendorong torak yang ujungnya telah terhubung dengan system suspense yang terdiri atas pegas spiral dan shock absorber. Gaya dorong dari silinder pneumatik menggantikan gaya berat bodi kendaraan m2 = 353.5 kg ( Fk = 3535 N) membebani mekanisme suspensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tekanan P = 5 bar diperoleh kondisi pembebanan yang equivalen dengan beban sesungguhnya dari kendaraan. Besarnya beban dinamis kendaraan kategori bobot ringan pada tekanan P = 5 bar adalah Ft = 16765 N. Gaya reaksi yang diberikan oleh mekanisme suspense terhadap gaya aksi dari silinder adalah sebesar Fp = 8206 N. Dengan demikian maka besarnya gaya dinamis yang berhasil diredam oleh kerja suspense adalah sebesar 8559 N.