PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP EFEKTIVITAS E-LEARNING DENGAN FITUR DESAIN
DOI:
https://doi.org/10.34207/Kata Kunci:
persepsi kegunaan (PU), persepsi kemudahan (PE), fitur desain, efektivitas e-learningAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi global dimana kemunculan virus Covid-19 menyebabkan krisis kesehatan. Akibat situasi ini, sistem pembelajaran akan beralih dari kelas tatap muka ke e-learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa sebagai pengguna tentang efektivitas e-learning dengan fitur desain. Penelitian dilakukan terhadap total 295 mahasiswa Universitas Hasanuddin angkatan 2017 hingga angkatan 2020 yang masih aktif belajar daring. Data diolah menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan (PU) berpengaruh positif terhadap efektivitas e-learning, sedangkan persepsi kemudahan (PE) tidak berpengaruh positif terhadap efektivitas e-learning. Pengujian variabel fitur desain dengan tes Sobel menunjukkan bahwa penerimaan teknologi (PU dan PE) berpengaruh positif terhadap efektivitas e-learning. Berdasarkan hal tersebut, Universitas Hasanuddin sebaiknya mempersiapkan pelatihan dan pengenalan sistem yang lebih baik. Perguruan tinggi perlu menggunakan sistem dengan fitur desain yang lebih beragam dan sederhana untuk mewujudkan efektivitas e-learning. Selain itu, e-learning membutuhkan sikap positif dan motivasi pengguna.