PENGARUH GREEN RITAEL, GREEN ADVERTISING, BRAND IMAGE, TERHADAP PERSEPSI DAN MINAT BELI KONSUMEN ALFAMART DI KOTA PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.34207/Kata Kunci:
Green Ritel, Green Advertising, Brand Image, Persepsi Konsumen, Minat BeliAbstrak
Indonesia adalah penyumbang sampah plastik laut terbesar kedua di dunia, mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan pengurangan sampah plastik. Ritel di Palopo seperti Hypermart, Matahari, Indomaret, dan Alfamart telah mengadopsi kebijakan ini dengan menyediakan tas belanja ramah lingkungan. Kebijakan ini mempengaruhi persepsi dan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh green ritel, green advertising, dan brand image terhadap persepsi dan minat beli konsumen Alfamart di Palopo. Metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausal digunakan, melibatkan 100 responden melalui kuesioner online. Analisis dilakukan menggunakan SEM dengan bantuan software PLS. Hasil penelitian menemukan 1. Green Ritel memiliki pengaruh negatif yang tidak signifikan terhadap Persepsi Konsumen, 2. Green Ritel memiliki pengaruh positif terhadap Minat Beli, namun tidak signifikan., 3 Green Advertising memiliki pengaruh positif terhadap Persepsi Konsumen, namun hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh ini tidak signifikan, 4. Green Advertising memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, 5. Brand Image memiliki pengaruh positif yang sangat signifikan terhadap Persepsi Konsumen, 6. Brand Image dan Minat Beli menunjukkan pengaruh positif, namun tidak signifikan.