Strategi Peningkatan Pelayanan Publik Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten  Dogiyai

Penulis

  • Nengsi Djoni Program Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar Penulis
  • Yoel Pasae Program Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar Penulis
  • Sita Yubelina Sabandar Program Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1610/691pb547

Kata Kunci:

strategi, pelayanan publik, Analisis SWOT, manajemen pemerintahan, Dogiyai

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan pelayanan publik pada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Dogiyai sebagai pusat administrasi pemerintahan daerah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari pejabat struktural, aparatur sipil negara, serta masyarakat penerima layanan. Analisis data dilakukan menggunakan metode SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik di Kabupaten Dogiyai menghadapi keterbatasan sumber daya manusia, infrastruktur yang belum memadai, serta koordinasi yang kurang efektif antarbagian. Namun, terdapat peluang melalui pemanfaatan teknologi, pelatihan pegawai, dan dukungan kebijakan pusat. Strategi yang diusulkan mencakup penguatan kapasitas SDM, pemanfaatan teknologi informasi, pengembangan infrastruktur digital, peningkatan transparansi prosedur, serta koordinasi kelembagaan yang lebih baik. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan, mempercepat proses administrasi, memperluas akses masyarakat, dan meningkatkan kepuasan publik. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan pelayanan publik yang lebih kontekstual di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Dori, H. P., Lambe, K. H. P., & Sabandar, S. Y. (2025). ANALISIS DAMPAK SISTEM PELAYANAN KAS DAERAH ONLINE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH DI BANK PAPUA KANTOR CABANG UTAMA NABIRE. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 27–34. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/853

Dunlop, C. (2025). Strategy and organizational adaptation: Creating value in dynamic environments. London: Routledge.

Halik, J. B., Nurlia, & Latiep, I. F. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen dI Makassar Cofee House (MCH). Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 1(1), 48–60. https://doi.org/10.63416/mrb.v1i1.163

Juneja, H. (2025). Strategic management for public service organizations. Journal of Public Administration, 41(2), 155–170.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moisescu, L. (2022). SWOT analysis as a strategic management tool in public administration. Transylvanian Review of Administrative Sciences, 18(2), 45–59. https://doi.org/10.24193/tras.2022.0003

Muwardi, A., & Sukmana, O. (2024). Evaluasi kualitas pelayanan publik berbasis digital di Indonesia. Indonesian Journal of Public Policy Review, 18(1), 82–89.

Neuman, W. L. (2019). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (8th ed.). Boston, MA: Pearson.

Paembonan, R., Ma’na, P., & Halik, J. (2024). Analisis akuntabilitas kinerja keuangan daerah di kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang kabupaten biak provinsi Papua. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.63416/mrb.v2i2.254

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2020). SERVQUAL revisited: Critical reflections and future directions. Journal of Service Research, 23(1), 5–21. https://doi.org/10.1177/1094670519878880

Prasetyo, N., Pasae, Y., & Lambe, K. H. P. (2025). Peran Sistem Pengendalian Intern dalam Memediasi Pengaruh Penatausahaan Aset terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 1(1), 108–119. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jmebi/article/view/884/738

Sanggenafa, M., Lambe, K. H. P., & Baka, A. (2025). Pelayanan Publik di Distrik Nabire Kota : Kajian Peran Pegawai dan Partisipasi Masyarakat dalam Perspektif Kelembagaan. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review (MARIOBRE), 3(1), 22–28. https://doi.org/10.63416/mrb.v3i1.300

Setiawan, R., Nugraha, A., & Wibowo, P. (2022). Government capacity and public service quality in local governance. Economies, 10(12), 323. https://doi.org/10.3390/economies10120323

Widianto, A. (2024). Reformasi pelayanan publik di Indonesia: Perspektif good governance. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 20(1), 55–68.

Unduhan

Diterbitkan

24-08-2025

Cara Mengutip

Strategi Peningkatan Pelayanan Publik Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten  Dogiyai. (2025). ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(2), 267-272. https://doi.org/10.1610/691pb547

Artikel Serupa

11-20 dari 78

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.