EFEKTIVITAS SISTEM ONLINE PADA PENERBITAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PANIAI
Kata Kunci:
efektivitas, sistem online, dokumen kependudukanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Efektivitas Sistem Online Pada Penerbitan Dokumen Kependudukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paniai. Penelitain ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini di lakukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paniai. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara terhadap informan dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini sejumlah 3 (tiga) orang pegawai di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paniai, dan 2 (dua) orang masyarakat yang sedang mengurus dokumen kependudukan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data Kegiatan analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Efektivitas Sistem Online Pada Penerbitan Dokumen Kependudukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paniai, terlihat pada penyelesaian dokumen online tepat waktu. Faktor pendukung pada Sistem Online Pada Penerbitan Dokumen Kependudukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paniai: Ruang kerja yang dilengkapi dengan fasilitas kantor mulai dari peralatan komputer, jaringan internet dan pendingin ruangan AC dan didukung oleh pegawai yang memiliki keterampilan IT (informasi dan teknologi). Faktor penghambat pada Sistem Online Pada Penerbitan Dokumen Kependudukan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paniai: jaringan internet yang kurang bagus dan masyarakat yang belum melengkapi persyaratan dokumen pendukungnya pada saat mengurus dokumen kependudukan seperti : surat pengantar dari distrik setempat.