ANALISIS FAKTOR-FAKTOR BAURAN 7P DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DI UNCLE BILL’S RESTO MAKASSAR

Penulis

  • Frans Billyantho Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Manuel August Todingbua Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Petrus Ma’na Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

Kata Kunci:

bauran 7P, loyalitas pelanggan, fasilitas layanan, peningkatan penjualan

Abstrak

Keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen terhadap produk ditawarkan, tidak hanya didasarkan pada pertimbangan harga, namun juga terdapat beberapa pertimbangan yang dilakukan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat bauran 7P dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di Uncle Bill’s Resto Makassar. Metode penelitian yang digunakan metode dekriptif kualitatif dengan analisis melalui skala Likert. Metode pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, promosi, lokasi, proses, dan bentuk fisik berperan sangat penting dalam mendukung loyalitas pelanggan di Uncle Bill’s Resto Makassar. Sedangkan sumberdaya manusia perlu perbaikan untuk lebih meningkatkan loyalitas pelanggan di Uncle Bill’s Resto Makassar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-31