ANALISIS FAKTOR-FAKTOR BAURAN 7P DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DI UNCLE BILL’S RESTO MAKASSAR
Kata Kunci:
bauran 7P, loyalitas pelanggan, fasilitas layanan, peningkatan penjualanAbstrak
Keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen terhadap produk ditawarkan, tidak hanya didasarkan pada pertimbangan harga, namun juga terdapat beberapa pertimbangan yang dilakukan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat bauran 7P dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di Uncle Bill’s Resto Makassar. Metode penelitian yang digunakan metode dekriptif kualitatif dengan analisis melalui skala Likert. Metode pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, promosi, lokasi, proses, dan bentuk fisik berperan sangat penting dalam mendukung loyalitas pelanggan di Uncle Bill’s Resto Makassar. Sedangkan sumberdaya manusia perlu perbaikan untuk lebih meningkatkan loyalitas pelanggan di Uncle Bill’s Resto Makassar.