ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM BALO’TA CABANG BAHODOPI
Kata Kunci:
kualitas pelayanan, komitmen organisasi, KSP Balo’taAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kinerja karyawan KSP Balo’ta cabang Bahodopi dan pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja Karyawan pada KSP Balo’ta cabang Bahodopi. Penelitian ini dilaksanakan pada KSP Balo’ta cabang Bahadopi dengan menggunakan tipe penelitian empiris. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan wawancara. Data yang diperoleh dari penelitian lapangan diuji kebenarannya dan dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwaBerdasarkan hasil uji persamaan linear ganda dan uji signifikansi koefisien persamaan regresi secara parsial variabel kualitas Pelayanan (X1), menunjukkan bahwa tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Kinerja Karyawan (Y), diketahui nilai thit = 1,469 dan p-value = 0,151/2 = 0,075 > 0,05 (uji pihak kanan), atau H0 diterima dan nilai korelasi diperoleh (ry12) = 0,248 dan p-value 0,076 > 0,05 atau H0 diterima. Berdasarkan hasil uji persamaan linear ganda dan uji signifikansi koefisien persamaan regresi secaraparsial variabel Komitmen Organisasi (X2), menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan terhadap variabel Kinerja Karyawan (Y), diketahui nilai signifikan variabel X2 = thit = 2,108 dan p-value = 0,043/2 =0,021 < 0,05 atau H0 ditolak dan nilai korelasi (ry21) = 0,345 dan p-value 0,021 < 0,05 atau H0 ditolak.