Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Perusahaan PT. Adi Citra Anggana Kepada PT. Vale Indonesia

Penulis

  • Bonifasius Tonapa Program Studi Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Amir Jaya Program Studi Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Agustinus Ba’ka Program Studi Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.34207/

Kata Kunci:

Pemasaran, strategi, analisis SOAR

Abstrak

Setiap perusahaan harus mengetahui perubahan lingkungan yang terjadi karena hal tersebut sangat penting untuk menentukan strategi yang akan ditetapkan perusahaan untuk mencapai tujuan. Untuk itu diperlukan perencanaan yang matang dalam mencapai tujuan tersebut, semakin mudah suatu lingkungan berubah, maka dampak terhadap pelaksanaan strategi semakin besar begitu pula hal tersebut sangat penting dalam menentukan strategi pemasaran. PT. Adi Citra Anggana adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang fabrikasi dan supplier hose di Indonesia. di PT. Vale Indonesia PT. Adi Citra Anggana masih mengalami kendala penjualan yakni ketidakstabilan penjualan produk untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran dan pemanfaatan peluang untuk meningkatkan volume penjualan, penelitan ini menggunakan desain kualitatif yang menghasilkan data berupa deskriptif dari ucapan atau tulisan dari perilaku pihak PT. Adi Citra Anggana sendiri serta menggunakan analisis SOAR untuk menganalisa data yang didapatkan dari metode wawancara dan metode sekunder. Untuk menangani hal ini PT. Adi Citra Anggana melakukan strategi pemasaran yaitu dengan memilih merumuskan pasar yang dituju dengan menggunakan segmentasi, targeting dan positioning serta mengembangkan marketing mix atau bauran pemasaran 7P yang terdiri dari empat unsur utama yaitu produk, harga, distribusi, promosi dan 3 unsur tambahan yaitu people, manusia, sarana fisik dari analisa ini didapatkan strategi antara lain melakukan promosi, pendekatan dan menjalin hubungan yang baik  ke semua manager setiap departemen serta ke pimpinan perusahaan kontraktor di PT. Vale Indonesia, melakukan riset pasar terhadap kebutuhan produk hose, adapter dan fire slevee, meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan mengeluarkan produk baru sesuai dengan masukan dari konsumen dengan kualitas unggulan terbaik memaksimalkan setiap pelayanan dan servis dengan memberikan respon yang baik, melakukan pengembangan SDM dengan mengadakan training marketing ke karyawan, manajemen membuat target penjualan bulanan dan tahunan.

Diterbitkan

30-12-2024

Cara Mengutip

Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Perusahaan PT. Adi Citra Anggana Kepada PT. Vale Indonesia. (2024). Paulus Journal of Accounting (PJA), 6(1). https://doi.org/10.34207/

Artikel Serupa

11-20 dari 64

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.