Karakteristik Kesadaran dan Perilaku Keselamatan Pengendara Sepeda Motor di Perkotaan (Studi kasus : Kota Bengkalis)
DOI:
https://doi.org/10.52722/hbe3kb64Kata Kunci:
Perilaku berisiko, Sepeda Motor, Kesadaran pengendara, tata kelola lalu lintas, Keselamatan berkendaraAbstrak
Keselamatan lalu lintas di perkotaan menjadi perhatian utama seiring meningkatnya penggunaan sepeda motor dan risiko kecelakaan. Studi ini menganalisis hubungan antara kesadaran keselamatan dan perilaku berisiko pengendara sepeda motor di Kota Bengkalis. Metode kuantitatif digunakan dengan survei kuesioner terhadap 400 responden, dianalisis menggunakan regresi linier dan korelasi. Hasil menunjukkan bahwa meskipun mayoritas pengendara memiliki kesadaran tinggi terhadap keselamatan, masih ditemukan perilaku berisiko seperti tidak menyalakan lampu utama di siang hari dan berkendara dengan kecepatan tinggi. Analisis regresi mengungkapkan bahwa pemahaman keselamatan hanya berkontribusi 14,1% terhadap perilaku berisiko, sementara faktor eksternal seperti infrastruktur jalan dan kepatuhan terhadap regulasi memiliki pengaruh lebih besar. Studi ini menegaskan bahwa peningkatan keselamatan berkendara tidak hanya bergantung pada kesadaran individu tetapi juga kebijakan tata kelola transportasi yang lebih baik. Sebagai tindak lanjut, penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi efektivitas teknologi seperti pemantauan lalu lintas berbasis AI guna mengoptimalkan strategi mitigasi risiko bagi pengendara sepeda motor.
Unduhan
Referensi
[1] W. H. Organization, “Global Status Report on Road Safety 2023,” 2023, WHO, Geneva.
[2] E. N. Ussery, S. A. Carlson, G. P. Whitfield, K. B. Watson, D. Berrigan, and J. E. Fulton, “Walking for Transportation or Leisure Among U.S. Women and Men — National Health Interview Survey, 2005–2015,” MMWR. Morb. Mortal. Wkly. Rep., vol. 66, no. 25, pp. 657–662, 2017, doi: 10.15585/mmwr.mm6625a1.
[3] R. Rowe et al., “The role of experience in the development of road safety attitudes and behaviors among young drivers,” J. Adolesc. Res., vol. 33, no. 2, pp. 171–185, 2018.
[4] A. Martin et al., “Impact of traffic law enforcement on motorcyclists’ compliance with speed limits: Evidence from urban areas,” J. Transp. Heal., vol. 18, p. 100921, 2020.
[5] A. K. Debnath et al., “The influence of road infrastructure on motorcyclist safety: A review,” Saf. Sci., vol. 110, pp. 278–289, 2018.
[6] L. Aarts et al., “The effectiveness of combined traffic safety campaigns and enforcement measures: A meta-analysis,” Accid. Anal. Prev., vol. 99, pp. 10–20, 2017.
[7] V. Truelove et al., “The influence of deterrence theory on driver behavior: A meta-analysis of empirical studies,” Accid. Anal. Prev., vol. 169, p. 106622, 2022.