Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan (Studi Kasus Depan Pintu 1 Unhas)

Penulis

  • Andreas Marino Lamanepa Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Benyamin Tanan Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Elizabeth Elizabeth Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52722/tbw3ns58

Kata Kunci:

Kondisi, Pengaruh, Derajat Kejenuhan

Abstrak

Kemacetan adalah hasil dari hambatan samping yang sering kali terkait dengan aktivitas sosial pada badan jalan, misalnya parkir di jalan karena toko tidak memiliki tempat parkir atau karena halte bus menurunkan orang di tempat yang salah, pejalan kaki menyeberang serta lalu lalang karena trotoar yang seharusnya digunakan pejalan kaki dialih fungsikan, serta banyaknya kendaraan yang masuk dan keluar sisi jalan tentu menyebabkan penurunan terhadap kapasitas jalan perkotaan. Jalan Perintis Kemerdekaan, terkhusus di depan Pintu I Unhas, selain sebagai jalan, terletak di salah satu kawasan tersibuk di Kota Makassar. Dengan hambatan samping dan volume pada ruas jalan Perintis Kemerdekaan yang semakin tinggi tentu kecepatan arus lalu lintas akan semakin menurun dan menyebabkan kemacetan pada ruas jalan Perintis. Hal inilah yang membuat ruas jalan Perintis Kota Makassar menyempit, mengurangi kecepatan kendaraan, memperpanjang waktu tempuh, mengurangi kapasitas jalan, menurunkan kualitas pemeliharaan jalan, dan mengganggu arus lalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat hambatan samping dan pengaruhnya terhadap Jalan Perintis Kemerdekaan Pintu 1 Unhas. Pedoman yang digunakan adalah PKJI 2014. Arus lalu lintas tertinggi ditemukan pada hari Senin yaitu 4903,2 skr/jam, Hambatan samping tertinggi pada hari Senin yaitu 693,5 kejadian/jam, dan Derajat kejenuhan yaitu 1,066 yang dimana  keadaan arus lalu lintas kecepatan operasi sangat lambat, dan volume lalu lintas kurang dari kapasitas ketika keadaan arus dipaksa tercapai.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

[1] Citra, “Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Veteran Selatan,” Paulus Civ. Eng. J., vol. 2, no. 2, 2020, Diakses: 25 Januari 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/351929009_Analisis_Pengaruh_Hambatan_Samping_Terhadap_Kinerja_Ruas_Jalan_Veteran_Selatan

[2] C. R. P. Rukka, M. Selintung, dan L. E. Radjawane, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Dan Kinerja Jalan Pada Kota Makassar (Studi Kasus : Jalan Andalas),” Paulus Civ. Eng. J., vol. 5, no. 2, hlm. 214–224, Jun 2023, doi: 10.52722/pcej.v5i2.629.

[3] Y. R. Bombing, R. Mangontan, dan O. J. Sanggaria, “Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Derajat Kejenuhan Ruas Jalan Tamalanrea Raya Makassar,” Paulus Civ. Eng. J., vol. 4, no. 4, hlm. 620–631, Des 2022, doi: 10.52722/pcej.v4i4.547.

[4] H. Mubarak, P. Ningrum, M. Toyeb, dan R. G. W. Tuti, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Kabupaten Kampar,” Musamus J. Civ. Eng., vol. 4, no. 01, hlm. 16–21, Okt 2021, doi: 10.35724/mjce.v4i01.4093.

[5] M. L. Bongga, M. Selintung, dan S. Bestari, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Antang Raya Depan Pasar Antang,” Paulus Civ. Eng. J., vol. 5, no. 2, hlm. 322–332, Jun 2023, doi: 10.52722/pcej.v5i2.641.

[6] A. W. Hidayat, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Depan Pasar Mayong, Jepara),” INERSIA LNformasi Dan Ekspose Has. Ris. Tek. SIpil Dan Arsit., vol. 16, no. 2, hlm. 171–178, Des 2020, doi: 10.21831/inersia.v16i2.36902.

[7] R. Hamsir, L. B. Said, M. T. Syarkawi, dan M. R. Kasim, “Kajian Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas pada Kawasan Komersil (studi kasus: Jalan Boulevard kota Makassar),” J. Tek. Ind. Terintegrasi, vol. 7, no. 4, hlm. 2252–2261, Okt 2024, doi: 10.31004/jutin.v7i4.34336.

[8] H. F. Rahman, R. A. Putri, dan L. Suminar, “Studi Penurunan Kapasitas Jalan Akibat dari Hambatan Samping Guna Lahan Pendidikan (studi kasus Jalan Menteri Supeno dan Jalan MT Haryono, Surakarta),” Reg. J. Pembang. Wil. Dan Perenc. Partisipatif, vol. 18, no. 1, hlm. 89, Jan 2023, doi: 10.20961/region.v18i1.53377.

[9] M. Muzakir, S. Sugiarto, dan S. M. Saleh, “Analisis Hambatan Samping pada Jalan Suka Ramai Kota Lhiksumawe,” J. Arsip Rekayasa Sipil Dan Perenc., vol. 3, no. 4, hlm. 278–284, Des 2020, doi: 10.24815/jarsp.v3i4.16719.

[10] Iqbal dan R. Muammar, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Medan – Banda Aceh (Terminal Idi) di Kota Idi Rayek,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 7, no. 3, hlm. 1187–1193, Jul 2023, doi: 10.33379/gtech.v7i3.2879.

[11] S. Abdan, A. M. Das, dan S. Susiana, “Analisa Pengaruh Hambatan Samping terhadap Kinerja Jalan Di Jalan Orang Kayo Pingai Kota Jambi,” J. Talenta Sipil, vol. 5, no. 2, hlm. 229, Agu 2022, doi: 10.33087/talentasipil.v5i2.127.

[12] R. Kristanti, “Analisis Dampak Hambatan Samping Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Kota Makassar,” Paulus Civ. Eng. J., vol. 2, no. 2, 2020, doi: https://doi.org/10.52722/yrfj9077.

[13] M. Mahendra, A. Wicaksono, dan L. Djakfar, “The Effect of Side Friction on Delays in One-Way Urban Road Sections,” J. Southwest Jiaotong Univ., vol. 56, no. 5, hlm. 265–274, Okt 2021, doi: 10.35741/issn.0258-2724.56.5.24.

[14] S. Biswas, S. Chandra, dan I. Ghosh, “Side friction parameters and their influences on capacity of Indian undivided urban streets,” Int. J. Transp. Sci. Technol., vol. 10, no. 1, hlm. 1–19, Mar 2021, doi: 10.1016/j.ijtst.2020.03.007.

[15] K. Srivastava dan A. Kumar, “The Impact of Road Side Friction on the Traffic Flow of Arterial Roads in Varanasi,” Eng. Technol. Appl. Sci. Res., vol. 13, no. 4, hlm. 11157–11165, Agu 2023, doi: 10.48084/etasr.5897.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30

Cara Mengutip

[1]
Andreas Marino Lamanepa, B. Tanan, and E. Elizabeth, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan (Studi Kasus Depan Pintu 1 Unhas)”, PCEJ, vol. 7, no. 1, pp. 74–85, Jan. 2025, doi: 10.52722/tbw3ns58.