Analisis Kinerja Jalan Sabutung Depan Pelabuhan Paotere Kota Makassar

Penulis

  • Sufiati Bestari Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Alpius Apriyani Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Jimmy Y Andilolo Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52722/tjj16067

Kata Kunci:

Kinerja, ruas perkotaan, tipe 2/2TT

Abstrak

Aktivitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) menimbulkan masalah lalu lintas pada Jalan Sabutung segmen di depan Pelabuhan Ikan Paotere. Tipe jalan Sabutung 2/2TT yang lebar jalannya hanya 6 m, tiap hari menyalurkan arus lalu lintas dalam kondisi berkonflik dengan hambatan samping yang ditimbulkan kegiatan pelelangan ikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai derajat kejenuhan pada kondisi arus lalu lintas puncak yang menyatakan kinerja Jalan Sabutung segmen di depan Pelabuhan Ikan Paotere. Juga untuk mendapatkan kecepatan ruang yang dapat dicapai kendaraan ringan pada saat arus puncak. Penelitian mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, 2014 tentang Kapasitas Ruas Jalan Perkotaan. Pengambilan data sampel selama empat hari. Sabtu dan Minggu mewakili akhir pekan yang spesifik pada lokasi TPI ramai pembeli.. Hasil penelitian diperoleh nilai derajat kejenuhan pada saat arus lalu lintas total puncak adalah 0,40. Kelas hambatan samping tinggi. Komposisi jenis kendaraan didominasi sepeda motor. Walaupun jumlah kendaraan banyak pada saat arus lalu lintas puncak namun kemacetan yang terjadi dapat segera terurai. Kecepatan rata-rata kendaraan ringan VT dari pembacaan grafik PKJI 2014 adalah 28,9 km/jam. Kecepatan rata-rata kendaraan ringan yang dihitung dari data survei waktu tempuh pada saat arus lalu lintas puncak diperoleh 21,71 km/jam. Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Paotere Makassar perlu penambahan ruang parkir dan disiagakan petugas parkir menjaga ketertiban kendaraan selama operasional pelelangan berlangsung.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

[1] R. Kristanti, R. Rachman, and L. E. Radjawane, “Analisis Dampak Hambatan Samping Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Kota Makassar”, PCEJ, vol. 2, no. 2, pp. 85–91, Jan. 2024, doi: 10.52722/yrfj9077.

[2] D. Ardianti, R. Rachman, and E. Elizabeth, “Pengaruh Aktivitas Pasar Makale Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Ichwan Makale”, PCEJ, vol. 6, no. 2, pp. 228–238, Jun. 2024, doi: 10.52722/es0eef52.

[3] Yashaswi,Thakre, and Prashant, “Traffic Congestion at Urban Road – Review” 2024 IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 1326 012094, 2023.

[4] Hassan., Salem, and Kisi, “Random Forest Ensemble-Based Predictions of On-Road Vehicular Emissions and Fuel Consumption in Developing Urban Areas,” Sustainability, 15(2), 1503, 2023, https://doi.org/10.3390/su15021503.

[5] Zang, Jiao, and Yu, “Identifying Traffic Congestion Patterns of Urban Road Network Based on Traffic Performance Index,” Sustainability, 15(2), 948, 2023, https://doi.org/10.3390/su15020948

[6] I. K. Hanafi and H. Moetriono, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Raya Menganti Surabaya Menggunakan Metode PKJI 2014,” Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, vol. 5, no. 2, 2022, doi: https://doi.org/10.25139/jprs.v5i2.4727.

[7] S. Wardi, N. O. Yeza, and S. Anita, “Analisis Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Raya Siteba Kota Padang),” Jurnal Teknik Sipil, vol. 8, no. 2, 2021, doi: https://doi.org/10.21063/jts.2021.V802.05.

[8] A. A. Tanggela, G. D. Pandulu, M. Sadillah, and R. A. Primasworo, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Dr. Sutomo Kota Blitar,” Formosa Journal of Applied Sciences, vol. 1, no. 3, 2022, doi: https://doi.org/10.55927/fjas.v1i3.811.

[9] R. Mudiyono and N. Anindyawati, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Majapahit Kota Semarang (Studi Kasus: Segmen Jalan Depan Kantor Pegadaian Sampai Jembatan Tol Gayamsari),” Prosiding Seminar Nasional Inovasi Dalam Pengembangan SmartCity, vol. 1, no. 1, 2017, doi: https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/smartcity/article/view/1735.

[10] H. Erliana, C. L. Yusra, and F. Rizka, “Analisis Kinerja Jalan pada Ruas Jalan Lintas Meulaboh – Tapak Tuan Kabupaten Nagan Raya,” Vocational and Technology Journal, vol. 2, no. 1, 2020, doi: https://doi.org/10.38038/vocatech.v2i1.39.

[11] A. Susanto, Z. B. Siahaan, B. H. Setiadji, and Supriyono, “Analisis Kinerja Lalu Lintas Jalan Urip Sumoharjo Yogyakarta,” Jurnal Karya Teknik Sipil, vol. 3, no. 2, 2014, doi: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkts/article/view/5235.

[12] S. Katjo, “Analisis Kinerja Jalan Arteri Ruas Jalan Jendral Sudirman Di Era Covid 19 Di Kota Majene,” Journal of Civil Engineering, vol. 3, no. 2, 2021, doi: https://doi.org/10.31605/bjce.v3i2.1167.

[13] M. Gea, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Parkir Pada Badan Jalan ( Studi Kasus : Pasar Dan Pertokoan Di Jalan Besar Delitua ),” Jurnal Teknik Sipil USU, vol. 1, no. 2, 2012, doi: https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1437199.

[14] H. Susanto, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Raya Citayam Berdasarkan Metode Mkji 1997,” Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, vol. 3, no. 1, 2021, doi: https://doi.org/10.37058/aks.v3i1.3560.

[15] A. I. Titirlolobi, L. Elisabeth, and J. A. Timboeleng, “Analisa Kinerja Ruas Jalan Hasanuddin Kota Manado,” Jurnal Sipil Statik, vol. 4, no. 7, 2016, doi: ojs.ejournal.unsrat.ac.id:article/13164.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30

Cara Mengutip

[1]
S. Bestari, A. Apriyani, and Jimmy Y Andilolo, “Analisis Kinerja Jalan Sabutung Depan Pelabuhan Paotere Kota Makassar”, PCEJ, vol. 7, no. 1, pp. 19–27, Jan. 2025, doi: 10.52722/tjj16067.