Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Jalan Inspeksi Pam (Studi Kasus: Pasar Tello)

Penulis

  • Gerald Mangiri Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Benyamin Tanan Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Monika Datu Mirring Palinggi Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52722/j8j1ze85

Kata Kunci:

Hambatan samping, derajat kejenuhan, kecepatan aktual

Abstrak

Salah satu faktor yang dapat mengurangi tingkat kinerja lalu lintas adalah peningkatan volume kendaraan dan faktor hambatan samping pada ruas jalan. Sepanjang ruas jalan Inspeksi pam terdapat pusat perbelanjaan tradisional sehingga daerah tersebut padat akan aktivitas masyarakat, hal ini menimbulkan masalah-masalah lalu lintas penyebab kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arus lalu lintas dan dampak hambatan samping terhadap derajat kejenuhan di Jalan inspeksi pam. Pengumpulan data dilakukan selama tiga hari data-data yang dikumpulkan mencakup data primer dan data sekunder, dimana data primer diperoleh dengan investigasi lapangan langsung dengan mengumpulkan data volume lalu lintas, data hambatan samping, data kecepatan kendaraan dan data geometri jalan. Sedangkan data sekunder yaitu data penduduk akan diolah sesuai pedoman kapasitas jalan Indonesia. (PKJI) tahun 2014. Puncak arus lalu lintas terjadi pada hari Sabtu yaitu 2439,65 skr/jam, Hambatan samping tertinggi pada hari Senin dengan total sebanyak 1292,9 kejadian/jam, derajat kejenuhan yang diperoleh yaitu 0,91, dan kecepatan aktual yang diperoleh pada setiap segmen adalah 5,85 km/jam pada segmen 1 dan 4,356 pada segmen 2 yang dimana arus lalu lintas mengalami kemacetan dan kecepatan gerak kendaraan dikendalikan pada saat jam puncak.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-25

Cara Mengutip

[1]
G. . Mangiri, B. Tanan, and M. D. M. Palinggi, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Pada Jalan Inspeksi Pam (Studi Kasus: Pasar Tello)”, PCEJ, vol. 5, no. 2, pp. 203–213, Jan. 2024, doi: 10.52722/j8j1ze85.