Pelayanan Penumpang Angkutan Umum Kota Trayek Sudiang - Sentral Kota Makassar

Penulis

  • Ismawati Tandirerung Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Jumeitri Ramba Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Nur Ali Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Rais Rachman Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52722/19rb0814

Kata Kunci:

angkutan umum, kepuasan penumpang, tingkat pelayanan kinerja

Abstrak

Angkutan umum perkotaan sebagai salah satu bagian dari transportasi merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat 
kota dan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan kota pada umumnya.Penelitian ini bertujuan untuk 
menganalisis kinerja pelayanan penumpang angkutan umum kota (mikrolet) pada trayek Sudiang – Sentral Makassar. 
Pengguna jasa angkutan umum kota (mikrolet) lebih dominan perempuan dimana rentang umurnya 20-29 tahun dan pendidikan 
terakhir yaitu SLTA dengan jenis pekerjaannya yaitu wiraswasta yang berpenghasilan di atas lima juta. Moda yang digunakan 
yaitu angkot dengan jarak tempuh sejauh 10-15 km dan waktu tempuh 21-30 menit dimana rantai perjalanannya dari rumah ke 
kantor dengan biaya Rp 250.000-Rp 400.0000. Rata-rata responden tidak puas terhadap kinerja angkutan umum kota 
(mikrolet) hal ini dapat 
dilihat dari kecepatan waktu, kemampuan menghindari kemacetan dan daya jelajah yang masih rendah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-26

Cara Mengutip

[1]
Ismawati Tandirerung, Jumeitri Ramba, N. Ali, and R. Rachman, “Pelayanan Penumpang Angkutan Umum Kota Trayek Sudiang - Sentral Kota Makassar”, PCEJ, vol. 1, no. 2, pp. 77–84, Jan. 2024, doi: 10.52722/19rb0814.