Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Abdullah Daeng Sirua –Batua Raya – Taman Makam Pahlawan Kota Makassar

Penulis

  • Febry Gita Kendek Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Rais Rachman Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Louise Elizabeth Radjawane Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52722/zgp2qy17

Kata Kunci:

kinerja, persimpangan, komersil, perkotaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisa kinerja persimpangan bersinyal di kawasan komersil perkotaan dengan 
menggunakan metode MKJI 1997. Lokasi penelitian persimpangan jalan Abdullah Daeng Sirua – Jalan Batua Raya – Jalan 
Taman makam Pahlawan. Kendaraan yang diamati diklasifikasikan berdasarkan jenisnya, yaitu sepeda motor, kendaraan ringan 
dan kendaraan berat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai derajat kejenuhan tertinggi 1,4 terjadi pada jam sibuk sore dan 
terendah pada jam sibuk siang hari sebesar 0,8. Hubungan arus terhadap kapasitas, hubungan arus terhadap antrian, dan 
hubungan arus terhadap tundaan pada simpang bersinyal jalan Abdullah Daeng Sirua – Jalan Taman Makam Pahlawan – Jalan 
Batua Raya yaitu berbanding lurus dimana semakin besar nilai arus maka semakin besar pula kapasitas, antrian dan tundaan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-01-25

Cara Mengutip

[1]
Febry Gita Kendek, R. Rachman, and L. E. Radjawane, “Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Abdullah Daeng Sirua –Batua Raya – Taman Makam Pahlawan Kota Makassar”, PCEJ, vol. 2, no. 1, pp. 23–30, Jan. 2024, doi: 10.52722/zgp2qy17.