Analisis Dampak Hambatan Samping Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.52722/yrfj9077Kata Kunci:
Arus Lalu Lintas, Hambatan Samping, Derajat KejenuhanAbstrak
Faktor hambatan samping merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan lalulintas yang dapat memengaruhi
tingkat pelayanan suatu jalan. Dimana kemacetan merupakan suatu permasalahan arus lalu lintas yang disebabkan oleh
peningkatan volume kendaraan di suatu ruas jalan dan oleh hambatan samping. Tujuan untuk mengetahui arus lalu
lintas dan dampak hambatan samping terhadap derajat kejenuhan di jalan Perintis Kemerdekaan km.8 dengan
menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Berdasarkan perhitungan dan analisis data
diperoleh arus lalu lintas terbesar pada hari senin yaitu 1686,41 SMP/jam, hambatan samping terbesar pada hari sabtu
yaitu 502,4 dan derajat kejenuhan terbesar diperoleh pada hari senin sore sebesar 0,78 yang dimana arus mendekati
tidak stabil di jam puncak tertentu yang dimana semakin besar hambatan samping maka semakin besar juga derajat
kejenuhan.