Analisis Dampak Hambatan Samping Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Kota Makassar

Penulis

  • Rimarya Kristanti Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Rais Rachman Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Louise Elizabeth Radjawane Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52722/yrfj9077

Kata Kunci:

Arus Lalu Lintas, Hambatan Samping, Derajat Kejenuhan

Abstrak

Faktor hambatan samping merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan lalulintas yang dapat memengaruhi 
tingkat pelayanan suatu jalan. Dimana kemacetan merupakan suatu permasalahan arus lalu lintas yang disebabkan oleh 
peningkatan volume kendaraan di suatu ruas jalan dan oleh hambatan samping. Tujuan untuk mengetahui arus lalu 
lintas dan dampak hambatan samping terhadap derajat kejenuhan di jalan Perintis Kemerdekaan km.8 dengan 
menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Berdasarkan perhitungan dan analisis data 
diperoleh arus lalu lintas terbesar pada hari senin yaitu 1686,41 SMP/jam, hambatan samping terbesar pada hari sabtu 
yaitu 502,4 dan derajat kejenuhan terbesar diperoleh pada hari senin sore sebesar 0,78 yang dimana arus mendekati 
tidak stabil di jam puncak tertentu yang dimana semakin besar hambatan samping maka semakin besar juga derajat 
kejenuhan. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-01-24

Cara Mengutip

[1]
Rimarya Kristanti, R. Rachman, and L. E. Radjawane, “Analisis Dampak Hambatan Samping Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Kota Makassar”, PCEJ, vol. 2, no. 2, pp. 85–91, Jan. 2024, doi: 10.52722/yrfj9077.