Alternatif Perencanaan Perkerasan Jalan Ruas Maros – Ujung Lamuru dengan Metode Bina Marga 2013

Penulis

  • Monalisa Bumbungan Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52722/cvx0ge60

Kata Kunci:

Perkerasan Lentur, metode Bina Marga 2013

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan tebal perkerasan lentur (Flexible Pavement) dari metode Bina Marga 2013. 
Metode Bina Marga 2013 merupakan metode yang didesain oleh Direktorat Jendral Bina Marga, Departemen Pekerjaan 
Umum. Perubahan metode Bina Marga menjadi metode Bina Marga 2013 dimaksudkan agar umur rencana perkerasan 
jalan lebih lama. Pada ruas Jalan Maros-Ujung Lamuru sebelumnya telah memiliki lapisan perkerasan dimana 
perencanaan yang lama menggunakan metode Analisa Komponen dan penulis merencanakan dengan menggunakan
metode Bina Marga 2013. Dari hasil perhitungan perencanaan tebal perkerasan jalan ruas Maros – Ujung Lamuru, pada 
segmen 9 perlu adanya peningkatan LPB setebal 150 mm atau 15 cm karena nilai CBR tanah dasarnya rendah. Tebal 
perkerasan dengan menggunakan Metode Bina Marga 2013 lebih ekonomis dan umur rencananya lebih lama
dibandingkan dengan metode Analisa Komponen

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2024-01-21

Cara Mengutip

[1]
M. Bumbungan, “Alternatif Perencanaan Perkerasan Jalan Ruas Maros – Ujung Lamuru dengan Metode Bina Marga 2013”, PCEJ, vol. 3, no. 2, pp. 257–263, Jan. 2024, doi: 10.52722/cvx0ge60.