Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Antang Raya Kota Makassar

Penulis

  • Henry. S. M. Pirade Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Indra .S . Kato Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Rais Rachman Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Sufiati Bestari Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52722/3pb26384

Kata Kunci:

ruas perkotaan; hambatan samping; kendaraan bermotor; pejalan kaki.

Abstrak

Ruas perkotaan Jalan Antang Raya ini cukup padat pada waktu tertentu dengan parkir kendaraan dan angkutan umum yang 
menurunkan penumpang di sepanjang jalan, ditambah jumlah pejalan kaki yang berjalan atau menyeberang sepanjang segmen 
jalan, dan jumlah kendaraan bermotor yang masuk keluar ke/dari lahan samping jalan serta arus kendaraan yang bergerak 
lambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hambatan samping adalah penyebab kemacetan pada ruas Jalan 
Antang Raya, atau arus yang datang ke ruas Jalan Antang Raya yang besar. Hambatan samping yang terjadi pada ruas jalan 
Antang Raya segmen Misi Depo Bangunan- Stikes Mega Rizky tergolong dalam kelas sangat tinggi dengan rata-rata total 
puncak hambatan samping sebesar 1289,87 kejadian terbobot. Penyumbang hambatan samping terbesar adalah kendaraan 
yang keluar masuk bahu jalan dengan presentasi 55,4%, sedangkan pejalan kaki, kendaraan parkir atau berhenti, dan 
kendaraan lambat dengan total presentasi 44,6%.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-26

Cara Mengutip

[1]
Henry. S. M. Pirade, Indra .S . Kato, R. Rachman, and S. Bestari, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Antang Raya Kota Makassar”, PCEJ, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, Jan. 2024, doi: 10.52722/3pb26384.