Analisis Pengaruh Balik Arah Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Depan UPPKB Maccopa)
Keywords:
waktu tempuh, kecepatan kendaraan, balik arahAbstract
Salah satu indikator umum yang menjadi masalah lalu lintas adalah penempatan bukaan median, yang berfungsi sebagai opsi putar balik untuk mengurangi kemacetan. Namun, arus lalu lintas dapat mengalami kemacetan akibat dari fasilitas putar balik ini berupa kontribusi yang menjadi penghambat baik pada jalur satu arus maupun berlawanan arus. Adanya akses putar balik atau pembukaan median tidak sepenuhnya efektif untuk mengatasi masalah konflik. Salah satu dampak khusus dari akses balik arah adalah terjadi pengurangan kecepatan kendaraan dikarenakan adanya kendaraan yang akan melakukan balik arah sehingga terjadi perlambatan yang dilakukan pengemudi atau pengendara lain secara bersamaan. Pengaruh dari perlambatan terhadap arus lalu lintas memberikan efek secara keseluruhan pada satu arus yang sama. Penelitian ini menganalisis terkait pengaruh dari bukaan median pada pergerakan lurus serta balik arah dari kecepatan suatu kendaraan. Kajian ini dilakukan pada jalan dengan tipe 4/2 T yang memiliki bukaan balik arah (U-turn) pada jalan poros Makassar-Maros, Depan UPPKB Maccopa. Hasil penelitian ialah nilai rata-rata kecepatan pada jarak 100 m yang dapat dicapai oleh kendaraan yang akan melakukan putar balik. Hasil tersebut muncul karena pergerakan balik arah (U-turn) yang menyebabkan keadaan lajur dan lebar jalan serta bukaan median dari jalan 4/2 T berubah dari 12 m menjadi 15 m. Kendaraan yang melakukan putar balik diketahui memiliki kecepatan rata-rata terendah untuk kendaraan ringan yaitu 17,11 km/jam sedangkan kendaraan bermotor yaitu 25,51 km/jam.