Alternatif Perencanaan Perkerasan Jalan Ruas Maros – Ujung Lamuru dengan Metode Bina Marga 2013
DOI:
https://doi.org/10.52722/cvx0ge60Keywords:
Perkerasan Lentur, metode Bina Marga 2013Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan tebal perkerasan lentur (Flexible Pavement) dari metode Bina Marga 2013.
Metode Bina Marga 2013 merupakan metode yang didesain oleh Direktorat Jendral Bina Marga, Departemen Pekerjaan
Umum. Perubahan metode Bina Marga menjadi metode Bina Marga 2013 dimaksudkan agar umur rencana perkerasan
jalan lebih lama. Pada ruas Jalan Maros-Ujung Lamuru sebelumnya telah memiliki lapisan perkerasan dimana
perencanaan yang lama menggunakan metode Analisa Komponen dan penulis merencanakan dengan menggunakan
metode Bina Marga 2013. Dari hasil perhitungan perencanaan tebal perkerasan jalan ruas Maros – Ujung Lamuru, pada
segmen 9 perlu adanya peningkatan LPB setebal 150 mm atau 15 cm karena nilai CBR tanah dasarnya rendah. Tebal
perkerasan dengan menggunakan Metode Bina Marga 2013 lebih ekonomis dan umur rencananya lebih lama
dibandingkan dengan metode Analisa Komponen