Model Pemilihan Moda dengan Maksud Perjalanan Bekerja Menuju Central Business District di Kabupaten Subang (Studi Kasus: Trayek 05A dan 010A)
DOI:
https://doi.org/10.52722/567ddw64Keywords:
Mode Selection, Binary Logit Ratio, Policy ProposalAbstract
The issue of mode choice can be considered the most important step in the creation and evaluation of transportation plans. Such conditions occur in Subang Regency, particularly in the Central Business District (CBD), where the community must choose between public and private transportation for activities such as work. The aim of this research is to develop a mode choice model where the results of this model can be used as a reference in making policy proposals to increase urban transportation users in Subang Regency. The method used in this study is binary logit ratio analysis using SPSS version 27. The results show that the smaller the ratio between urban transportation costs and motorcycle costs, the higher the probability of using urban transportation in Subang Regency. Thus, cost is a very sensitive indicator for the probability of urban transportation. The policy proposal suggested by the researchers is the implementation of subsidies on urban transportation fares, which will encourage the community to shift from motorcycle use to urban transportation due to lower fares.
Downloads
References
[1] Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2021 Tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerjaa dan Waktu Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja. Jakarta.
[2] SK Dirjen 687 Tahun 2002 Tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Penumpang Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur. Jakarta.
[3] Darwis, Fitro, Anggriyawan Djafar, and Elfira Resti Mulya.2022. Analysis of Trip Attraction Models in Morotai CBD (Central Business District). Techno Jurnal Penelitian 11 (2): 105–15. https://doi.org/10.33387/tjp.v11i2.5439.
[4] Azhari, Ervina, La Mohamat Saleh, Meyke Marantika, Jurusan Teknik Sipil, and Politeknik Negeri Ambon. 2023. “ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG LABORATORIUM TERPADU DAN PERPUSTAKAAN MAN 1 MALUKU TENGAH.” JOURNAL AGREGATE 2 (2).
[5] Dite Ridmawan, Adhitya, and Reni Karno Kinasih. 2024. “Kajian Karakteristik Terhadap Probabilitas Pemilihan Moda Untuk Aktivitas Utama (Studi Kasus : Rute Graha Raya-BSD).” Jurnal Teknik Sipil 09 (01). https://doi.org/10.32511.
[6] Dwi, Risma, and Tonny Hermawanto. 2021. “PENGUATAN ANALISIS DATA STATISTIK DENGAN MENGGUNAKAN SPSS PADA MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNU BLITAR.” Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara 3 (2). http://journal.unublitar.ac.id/jppnu.
[7] Filla, Fahira Rizkiani. 2022. “Pemilihan Moda Transportasi Darat Dalam Mendukung Efektivitas Pengiriman Barang.” Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain (BLOGCHAIN) 2 (2): 52–57. https://doi.org/10.55122/blogchain.v2i2.526.
[8] Hidayat, Erwin. 2017. “Pemodelan Pemilihan Moda Transportasi Penumpang Pada Akses Jalan Bandara Internasional Kulon Progo Yogyakarta.” Institut Teknologi Sepuluh November.
[9] Kusumo Nugroho, Bayu, and Misuari Wibowo. 2021. “PERENCANAAN ANGKUTAN PEMADU MODA DI BANDARA H. ASAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR.” Jurnal Teknologi Transportasi Dan Logistik 2 (1): 1–10.
[10] Martias, Lilih Deva. 2021. “STATISTIKA DESKRIPTIF SEBAGAI KUMPULAN INFORMASI.” Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi 16 (1): 40. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.161.40-59.
[11] Prof. Dr. Sugiyono. 2019. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
[12] Sujarweni, V. Wiratna, and Lila Retna Utami. 2023. The Guide Book Of SPSS. Edited by Nurlita. 1st ed. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
[13] Sulistyorini, Rahayu, and Dwi Herianto. 2021. “Analisis Nilai Waktu Kendaraan Pribadi (Mobil Dan Motor) Di Kota Bandar Lampung Dengan Metode Regresi Linear (Studi Kasus : Jalan Kartini).” Vol. 9.
[14] Tamin, Ofyar Z.. 2000. Perencanaan Dan Pemodelan Transportasi. Penerbit ITB.
[15] Wahyuni, Nur., St. Maryam H, and Mukhtar Tahir S. 2024. “Analisis Pengaruh Kecenderungan Masyarakat Menggunakan Kendaraan Pribadi Di Kota Makassar” 6 (2): 510–17. https://doi.org/10.52005/teslink.v115i1.xxx.
[16] Yudhanto, R, Hari Pangestu, and Irwan Prasetyo. 2022. “IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN MODA ANGKUTAN UMUM DENGAN ANGKUTAN PRIBADI (Studi Kasus : Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi).”
[17] Yuslye, Devis Dwi, Murniati Murniati, and Desi Riani. 2021. “Analisis Hubungan Antara Variabel Pemilihan Moda Transportasi Di kota Palang Karaya.” Spektrum Sipil 8 (2): 117–27. https://doi.org/10.29303/spektrum.v8i2.216.
[18] Yogie Sentanu, Wayan, Aleksander Purba, and Rahayu Sulistyorini. 2021. “Analisis Pemilihan Moda Transportasi Penumpang Antara Kereta Api Dan Bus Rute Bandar Lampung-Palembang Dengan Metode Discrete Choice Model.” Vol. 9.