Analisis Pengaruh Berbalik Arah Terhadap Kecepatan Kendaraan Ruas Jalan Poros Makassar - Maros

Authors

  • Sufiati Bestari Universitas Kristen Indonesia Paulus Author
  • Mary Selintung Universitas Kristen Indonesia Paulus Author
  • All Exis Vernando Salmon Universitas Kristen Indonesia Paulus Author

Abstract

Kemajuan transportasi yang sangat pesat dipengaruhi oleh penggunaan kendaraan pribadi yang mengalami peningkatan dan Kemacetan merupakan gejala akibat umum dari kebutuhan, antara kebutuhan akan jasa pergerakan dan ketersediaan infrastruktur, yang berdampak signifikan terhadap kebutuhan pergerakan dalam pelayanan infrastruktur transportasi. Contoh pengaruh dalam melakukan gerakan berbalik arah yaitu kecepatan kendaraan akan menjadi lambat dan kemungkinan berhenti. Arus lalu lintas searah terkena dampak pelambatan ini begitupun sebaliknya. Kondisi kendaraan saat melakukan gerakan berbalik arah pada lajur dalam, tidak bisa secara langsung dilakukan putaran hingga menyebabkan kendaraan lain pada lajur dalam terganggu bahkan kendaraan lain terhenti, gangguan ini terjadi dari arah yang sama maupun dari arah yang berlawanan pada saat melakukan gerakan berbalik arah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengevaluasi volume lalu lintas, serta kecepatan kendaraan, mengetahui hambatan samping yang juga dapat mempengaruhi, dan mengetahui kapasitas pada Jalan Poros Makassar-Maros.  Untuk mendapatkan tujuan tersebut maka digunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014.  Dari penelitian tersebut didapatkan  volume lalu lintas terbesar untuk arah Barat-Timur sebesar 1,851 skr/jam. Kecepatan rata-rata kendaraan ringan yang dihitung dari data survey untuk arah barat–timur dan arah timur–barat masing–masing adalah s = 38,78 km/jam dan s = 33,91 km/jam. Kelas hambatang samping pada Jalan Poros Makassar-Maros masuk dalam kategori sedang dimana nilai hambatan samping masing-masing dari arah barat-timur dan timur-barat yaitu 304,5 dan 308. Kecepatan rata-rata  kendaraan ringa pada lajur dalam di Jalan Poros Makassar Maros, berdasarkan pembacaan grafik dari arah barat–timur adalah VT = 46,5 km/jam dan dari arah timur-barat adalah 48 km/jam.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-09

How to Cite

[1]
S. Bestari, M. Selintung, and A. E. V. . Salmon, “Analisis Pengaruh Berbalik Arah Terhadap Kecepatan Kendaraan Ruas Jalan Poros Makassar - Maros”, PCEJ, vol. 5, no. 4, pp. 637–646, Jan. 2024, Accessed: Jul. 23, 2025. [Online]. Available: https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/pcej/article/view/10