Implikasi Media Komunikasi Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Penulis

  • Narianto Palin Program Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar Penulis
  • Yoel Pasae Program Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar Penulis
  • Amir Jaya Program Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar Penulis

DOI:

https://doi.org/10.1610/mhveaj28

Kata Kunci:

Media Komunikasi, Teknologi, Pelayanan Publik, Kualitas Layanan, Papua Tengah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis implikasi media komunikasi berbasis teknologi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Dinas Infokom Provinsi Papua Tengah. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan tujuh informan kunci, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan website resmi dan media sosial secara signifikan meningkatkan aksesibilitas, kecepatan, dan efektivitas penyampaian informasi kepada masyarakat. Media komunikasi digital terbukti mendukung transparansi dan efisiensi layanan, sekaligus mengurangi ketergantungan pada metode konvensional. Namun, penerapannya menghadapi berbagai hambatan, antara lain keterbatasan infrastruktur, rendahnya literasi digital masyarakat, serta tantangan teknis dan koordinasi internal. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan teknologi komunikasi memiliki implikasi positif terhadap kualitas pelayanan publik, meskipun perlu penguatan infrastruktur, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan strategi kebijakan yang lebih adaptif. Temuan ini memberikan kontribusi empiris bagi pemerintah daerah dalam mengoptimalkan transformasi digital pelayanan publik, khususnya di wilayah dengan keterbatasan geografis seperti Papua Tengah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

AA Effendy, D. S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan.

Aria, M., & Atik, I., L. (2018). Tata Kelola dan Administrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi PT. BAM. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan.

Cangara, Hafied. (2021). Media Komunikasi Berbasis Teknologi. Jakarta: Kencana.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2021). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.Dessler, G. (2020). Human Resource Management (15th ed.). Pearson Education.

Dori, H. P., Lambe, K. H. P., & Sabandar, S. Y. (2025). ANALISIS DAMPAK SISTEM PELAYANAN KAS DAERAH ONLINE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH DI BANK PAPUA KANTOR CABANG UTAMA NABIRE. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 27–34. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/853

Halik, J. B., Parawansa, D. A. S., Sudirman, I., & Jusni, J. (2023). Implications of IT Awareness and Digital Marketing to Product Distribution on the Performance of Makassar SMEs. 유통과학연구 Journal of Distribution Science, 21(7), 105–116. https://doi.org/10.15722/jds.21.07.202307.105

Hasibuan, M. S. P. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator Dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Ibnu Hamad, Yunita Sari, Harry Nenobais, Jubery Marwan dan Franky (2023) Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Wilayah. Journal of Human And Education.Volume 3, No. 4, Tahun 2023, pp 264-268.E-ISSN 2776-5857, P-ISSN 2776-7876.Website: https://jahe.or.id/index.php/jahe/index.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Lambe, K. H. P. (2024). Unlocking Gen-Z employee potential : the role of strategic leadership and organizational culture Desbloqueando o potencial dos funcionários da geração Z : o papel da liderança estratégica e da cultura organizacional Cómo liberar el potencial de los emplea. Brazilian Journal of Development, 10(11), 1–21. https://doi.org/10.34117/bjdv10n11-033

Latiep, I. F., Dewi, A. R. S., Syam, A., Halik, J. B., & Chakti, A. G. R. (2023). INOVASI BISNIS ONLINE. In B. Majid & H. Hardiyono (Eds.), Chakti Pustaka Indonesia (1st ed., Vol. 1). Chakti Pustaka Indonesia.

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2021). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Mukarom. Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana, 2018. Manajemen. Pelayanan Pubik. CV Pustaka Setia, Bandung.

Nasrullah, R. (2022). Manajemen Komunikasi Digital (Perencanaan, Aktivitas, dan Evaluasi). Jakarta: Kencana.

Pemerintah Republik Indonesia. (2018). Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Salombe, A., Rantererung, C. L., & Lambe, K. H. P. (2025). PENGARUH SISTIM INFORMASI KESEHATAN DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PROVINSI PAPUA TENGAH. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 93–100. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/863

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Unduhan

Diterbitkan

28-08-2025

Cara Mengutip

Implikasi Media Komunikasi Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. (2025). ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(2), 388-394. https://doi.org/10.1610/mhveaj28

Artikel Serupa

1-10 dari 71

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.