Implikasi Media Komunikasi Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik
DOI:
https://doi.org/10.1610/mhveaj28Kata Kunci:
Media Komunikasi, Teknologi, Pelayanan Publik, Kualitas Layanan, Papua TengahAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis implikasi media komunikasi berbasis teknologi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Dinas Infokom Provinsi Papua Tengah. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan tujuh informan kunci, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan website resmi dan media sosial secara signifikan meningkatkan aksesibilitas, kecepatan, dan efektivitas penyampaian informasi kepada masyarakat. Media komunikasi digital terbukti mendukung transparansi dan efisiensi layanan, sekaligus mengurangi ketergantungan pada metode konvensional. Namun, penerapannya menghadapi berbagai hambatan, antara lain keterbatasan infrastruktur, rendahnya literasi digital masyarakat, serta tantangan teknis dan koordinasi internal. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan teknologi komunikasi memiliki implikasi positif terhadap kualitas pelayanan publik, meskipun perlu penguatan infrastruktur, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan strategi kebijakan yang lebih adaptif. Temuan ini memberikan kontribusi empiris bagi pemerintah daerah dalam mengoptimalkan transformasi digital pelayanan publik, khususnya di wilayah dengan keterbatasan geografis seperti Papua Tengah.
Unduhan
Referensi
AA Effendy, D. S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan.
Aria, M., & Atik, I., L. (2018). Tata Kelola dan Administrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi PT. BAM. Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan.
Cangara, Hafied. (2021). Media Komunikasi Berbasis Teknologi. Jakarta: Kencana.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2021). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.Dessler, G. (2020). Human Resource Management (15th ed.). Pearson Education.
Dori, H. P., Lambe, K. H. P., & Sabandar, S. Y. (2025). ANALISIS DAMPAK SISTEM PELAYANAN KAS DAERAH ONLINE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH DI BANK PAPUA KANTOR CABANG UTAMA NABIRE. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 27–34. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/853
Halik, J. B., Parawansa, D. A. S., Sudirman, I., & Jusni, J. (2023). Implications of IT Awareness and Digital Marketing to Product Distribution on the Performance of Makassar SMEs. 유통과학연구 Journal of Distribution Science, 21(7), 105–116. https://doi.org/10.15722/jds.21.07.202307.105
Hasibuan, M. S. P. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik : Konsep, Dimensi, Indikator Dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Ibnu Hamad, Yunita Sari, Harry Nenobais, Jubery Marwan dan Franky (2023) Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Digital Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Wilayah. Journal of Human And Education.Volume 3, No. 4, Tahun 2023, pp 264-268.E-ISSN 2776-5857, P-ISSN 2776-7876.Website: https://jahe.or.id/index.php/jahe/index.
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Lambe, K. H. P. (2024). Unlocking Gen-Z employee potential : the role of strategic leadership and organizational culture Desbloqueando o potencial dos funcionários da geração Z : o papel da liderança estratégica e da cultura organizacional Cómo liberar el potencial de los emplea. Brazilian Journal of Development, 10(11), 1–21. https://doi.org/10.34117/bjdv10n11-033
Latiep, I. F., Dewi, A. R. S., Syam, A., Halik, J. B., & Chakti, A. G. R. (2023). INOVASI BISNIS ONLINE. In B. Majid & H. Hardiyono (Eds.), Chakti Pustaka Indonesia (1st ed., Vol. 1). Chakti Pustaka Indonesia.
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2021). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.
Mukarom. Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana, 2018. Manajemen. Pelayanan Pubik. CV Pustaka Setia, Bandung.
Nasrullah, R. (2022). Manajemen Komunikasi Digital (Perencanaan, Aktivitas, dan Evaluasi). Jakarta: Kencana.
Pemerintah Republik Indonesia. (2018). Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.
Salombe, A., Rantererung, C. L., & Lambe, K. H. P. (2025). PENGARUH SISTIM INFORMASI KESEHATAN DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PROVINSI PAPUA TENGAH. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 93–100. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/863
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Narianto Palin, Yoel Pasae, Amir Jaya (Penulis)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License