Tinjauan Teknis Preservasi Jalan Nasional Sungguminasa-Takalar-Jeneponto

Authors

  • Tria Universitas Kristen Indonesia Paulus Author
  • Alpius Universitas Kristen Indonesia Paulus Author
  • Charles Kamba Universitas Kristen Indonesia Paulus Author

DOI:

https://doi.org/10.52722/kw399k13

Keywords:

Tebal Perkerasan Lentur, AASHTO 1993, dan Manual Desain Perkerasan Bina Marga Tahun 2017

Abstract

Ruas Jalan Nasional Sungguminasa-Takalar-Jeneponto merupakan salah satu jalur yang digunakan sebagai jalan kolektor primer. Jalan Nasional ini di beberapa titik memang cukup banyak mengalami kerusakan. Di beberapa ruas akan dilakukan rekonstruksi untuk ruas yang kondisi kerusakannya cukup berat atau rusak parah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tebal perkerasan lentur pada Jalan Nasional Sungguminasa-Takalar-jeneponto. Penelitian ini menggunakan metode Manual Desain Perkerasan Bina Marga Tahun 2017 dan membandingkan tebal perkerasan rencana yang ada, yaitu metode AASHTO tahun 1993. Perencanaan ini dilaksanakan di Jalan Nasional Sungguminasa-Takalar-Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil perencanaan sebelumnya dengan metode AASHTO 1993 menunjukkan bahwa tebal pelat  5 cm, sedangkan dengan metode Manual Desain Perkerasan Bina Marga diperoleh tebal perkerasan (AC-WC) 4 cm, lapisan (AC-BC) 6 cm dan lapisan (AC-Base) 7,5 cm.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-29

How to Cite

[1]
Tria, Alpius, and C. Kamba, “Tinjauan Teknis Preservasi Jalan Nasional Sungguminasa-Takalar-Jeneponto”, PCEJ, vol. 6, no. 1, pp. 12–26, Jan. 2024, doi: 10.52722/kw399k13.