Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Landak Lama Kota Makassar (Studi Kasus: Depan Toko Satu Sama)
DOI:
https://doi.org/10.52722/1kz63y86Kata Kunci:
Hambatan Samping, Ruas Perkotaan, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014)Abstrak
Kemacetan sering terjadi di ruas jalan Landak Lama karena tingkat kemacetan yang tinggi. Banyaknya hambatan samping di sepanjang ruas jalan Landak Lama menjadi penyebab kemacetan. Arus lalu lintas sangat terhambat karena adanya hambatan samping. Selain itu, kepadatan jalan raya meningkat dengan banyaknya titik akses kendaraan dari properti di sekitarnya, yang menggantikan trotoar yang diperuntukkan bagi pejalan kaki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur jumlah lalu lintas di Jalan Landak Lama Kota Makassar (Depan Toko Satu Sama) pada jam sibuk dan mengetahui hambatan samping dan derajat jenuhpada ruas jalan Landak Lama Kota Makassar (Depan Toko Satu Sama). Pengumpulan data primer dilakukan melalui survei lapangan langsung, pengumpulan informasi geometri jalan, arus lalu lintas, dan hambatan samping. Sedangkan data sekunder berupa peta jumlah penduduk kota Makassar dan lokasi penelitian diolah dengan teknik berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (PKJI 2014). Berdasarkan hasil survey, diperoleh puncak arus lalu lintas adalah 1946 skr/jam, nilai hambatan samping maksimum adalah 1020,8 kejadian/jam, dan nilai derajat jenuh diperoleh adalah 0,811 pada tingkat pelayanan (D) yang artinya lalu lintas semakin mendekati arus yang tidak menentu.
Unduhan
Referensi
[1] A. R. Parrung, J. Tanijaya, dan L. Radjawane, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Dr. Ratulangi Kota Makassar (Studi Kasus” Ruas Jalan Depan Toko New Agung),” Paulus Civil Engineering Journal, vol. 5, no. 3, hlm. 537-550, September 2023. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/pcej/article/view/42
[2] S. E. Devera dkk., “Analisis Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan HR Soebrantas Kota Pekanbaru,” JURKIM, vol. 3, no. 1, hlm. 16-24, Januari 2023, doi: 10.31849/jurkim.v3i1.12059
[3] M. Lubis, A. Rafli dan N. R. Puspita, “Analisis Dampak Hambatan Samping Pada Jalan Sisingamangaraja Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan,” STATIKA, vol. 5, no.1, hlm. 42-54, April 2022. https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/statika/article/view/906
[4] A. Jihad, L. B. Said, dan I. Syafei, “Analisis Pengaruh Kinerja Jalan Terhadap Keberadaan U-Turn Ruas Jalan Veteran Utara Kota Makassar,” Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, vol. 8, no. 6, hlm. 1589-1595, 2021. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/5304
[5] Rayvaldy, dan N. Tinumbia, “Analisis Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan Pada Ruas Jalan Ciawi-Puncak,” Jurnal Artesis, vol. 3, no. 2, hlm. 233-239, 2023, doi: 10.35814/artesis.v3i2.5933
[6] S. Kurniawan, dan A. Surandono, “Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Brigjend Sutiyoso Kota Metro,” TAPAK, vol. 8, no. 2, hlm. 179-192, Mei 2019. https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/tapak/article/view/955
[7] A. Muhammad, B. Hamzah, dan J. Rahim, “Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan,” Jurnal Penelitian Enjiniring, vol. 22, no. 2, hlm. 96–104, Nov 2018, doi: 10.25042/jpe.112018.01
[8] S. Suryanto, I. Suharyanto dan N. Z. Fasya, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas (Studi Kasus: Jalan Gito Gati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta),” CivTech, vol. 5, no. 2, hlm. 54-63, Agustus 2023. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/CivETech/article/view/1898
[9] Kumita dkk., “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas (Studi Kasus: Jalan Prof. A. Majid Ibrahim – Jalan Panglima Polem Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen),” Variasi, vol. 14, no. 3, hlm. 161–165, Okt 2022, doi: 10.51179/vrs.v14i3.1515
[10] V. A. Rerung, S. V. Pandey, dan M. M. Kumaat, “Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Trans Sulawesi di Kelurahan Buyungon Kecamatan Amurang,” TEKNO, vol. 21, no. 85, hlm. 1163–1172, 2023. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/tekno/article/view/49816
[11] Rimarya Kristanti, R. Rachman, and L. E. Radjawane, “Analisis Dampak Hambatan Samping Terhadap Tingkat Pelayanan Jalan Kota Makassar”, PCEJ, vol. 2, no. 2, pp. 85–91, Jan. 2024, doi: 10.52722/yrfj9077.
[12] Y. R. . Bombing, R. Mangontan, and O. Jujun Sanggaria, “Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Derajat Kejenuhan Ruas Jalan Tamalanrea Raya Makassar”, PCEJ, vol. 4, no. 4, pp. 620–631, Jan. 2024, doi: 10.52722/w6ngnm19.
[13] Henry. S. M. Pirade, Indra .S . Kato, R. Rachman, and S. Bestari, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Antang Raya Kota Makassar”, PCEJ, vol. 1, no. 1, pp. 19–25, Jan. 2024, doi: 10.52722/3pb26384.
[14] M. L. Bongga, M. Selintung, and S. Bestari, “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Antang Raya Depan Pasar Antang”, PCEJ, vol. 5, no. 2, pp. 322–332, Jan. 2024, doi: 10.52722/e8w8b750.
[15] A. I. Mansour and H. A. E. Al-Jameel, “Side-friction impacts on urban streets performance in divided and undivided streets”, Pollack Periodica, vol. 8, no. 3, pp. 147-153, Jan. 2023.