Analisis Bangkitan Perjalanan Penduduk Pada Perumahan Griya Daya Permai
DOI:
https://doi.org/10.52722/8s5y3z60Kata Kunci:
Bangkitan, Perumahan, Penduduk, Regresi, Karakteristik PerjalananAbstrak
Sejalan dengan meningkatnya kepadatan penduduk, maka jumlah pergerakan semakin meningkat, Kota Makkasar sebagai salah satu tujuan masyarakat Indonesia timur sebagai pusat pendidikan, kesehatan, mencari lapangan kerja dan lain sebagainya. Perumahan Griya Daya Permai memiliki karakteristik penduduk dari segi strata sosial budaya, pekerjaan, maupun tingkat pendapatan yang baik. Bangkitan perjalanan yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat Perumahan Griya Daya Permai akan menimbulkan kemacetan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik rumah tangga dan karakteristik perjalanan rumah tangga serta memodelkan bangkitan perjalanan di Perumahan Griya Daya Permai. Survei ini dilakukan dengan cara membagikan kuisioner dan wawancara langsung kepada kepala rumah tangga setiap unit rumah. Menganalisis data dengan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi bangkitan perjalanan pada Perumahan Griya Daya Permai adalah jumlah anggota keluarga yang Kuliah/Sekolah (X4), jumlah pendapatan rata-rata (X5), dan jumlah Sepeda motor (X6), terhadap jumlah bangkitan (Y). Model persamaan bangkitan perjalanan di Perumahan Griya Daya Permai adalah Y = 0,239 + 0,136 X4 + 0,307 X5 + 0,310 X6, nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 65,6%.
Unduhan
Referensi
[1] S. N. Putra, R. Rachman, dan M. D. M. Palinggi, “Analisis Bangkitan Perjalanan Berbasis Rumah Tangga pada Perumahan Bumi Tamanlarea Permai Kota Makassar,” Paulus Civ. Eng. J., vol. 2, no. 1, hlm. 38–45, Agu 2020, doi: 10.52722/pcej.v2i1.119.
[2] Y. N. S. Tondok, R. Rachman, dan A. Kusuma, “Analisis Bangkitan Perjalanan pada Kompleks Perumahan Kantor Gubernur Hertasning Makassar Sulawesi Selatan,” vol. 6, no. 1, 2024.
[3] R. Setiawan, R. Rachman, dan L. E. Radjawane, “Analisis Bangkitan Perjalanan Penduduk Pada Kompleks Perumahan Citra Sudiang Indah Makassar,” Paulus Civ. Eng. J., vol. 4, no. 3, hlm. 496–504, Nov 2022, doi: 10.52722/pcej.v4i3.527.
[4] Dane Cheber Yusmar Tandioga, R. Rachman, dan L. E. Radjawane, “Analisis Bangkitan Perjalanan Penduduk Pada Kompleks Perumahan Taman Sudiang Indah,” Paulus Civ. Eng. J., vol. 3, no. 4, hlm. 602–613, Des 2021, doi: 10.52722/pcej.v3i4.340.
[5] T. A. Bria, T. Wonlele, dan O. Loden, “Model Bangkitan Perjalanan Pada Kawasan Pinggiran Menuju Pusat Kota (Studi Pada Kawasan Yang Mengalami Perubahan Spasial),” Potensi J. Sipil Politek., vol. 21, no. 2, hlm. 54–60, Okt 2019, doi: 10.35313/potensi.v21i2.1671.
[6] A. Susanti, R. E. Wibisono, dan E. A. Kusuma, “Model Bangkitan Perjalanan Penduduk Perumahan Pinggiran Kota (Studi Kasus Perumahan Bukit Bambe Driyorejo Gresik),” Publ. Ris. Orientasi Tek. Sipil Prot., vol. 2, no. 2, hlm. 55, Des 2020, doi: 10.26740/proteksi.v2n2.p55-66.
[7] K. R. Zamin,et,al, " Effects of Transit-Oriented Development on Trip Generation, Distribution, and Mode Share in Washington, D.C., and Baltimore, Maryland", Journal of The Transportation Research Board, vol. 2413, no.1.
[8] R. M. Kula, S. V. Pandey, dan A. L E. Rumayar, "Analisis Bangkitan dan Tarikan Perjalanan di Kecamatan Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara", TEKNO, vol. 20, no. 82, 2022.
[9] M. Rajulan, et. al, "Analisis Bangkitan Perjalanan Berbasis Rumah di Kota Kendari", Jurnal Unitek, vol. 17, no.2, 2024.
[10] M. Orvin, et.al, " Developing vehicular and non-vehicular trip generation models for mid-rise residential buildings in Kelowna, British Columbia: Assessing the impact of built environment, land use, and neighborhood characteristics", Journal of Transport and Land Use, vol. 14, no.1, 2021
[11] C. D. Gruyter, S. M. Zahraee, and N. Shiwakoti "Site characteristics associated with multi-modal trip generation rates at residential developments."Transport Policy, vol.103, 2021.
[12] S. A. Lafta and M. Q. Ismail, "Trip generation modeling for a selected sector in Baghdad city using the artificial neural network."J. of Intelligent Systems, vol.31, no.1, 2022.
[13] S. A. Eisheh, M.S. Ghanism, and A. Dodeen, "Trip generation model for a developing city in an emerging country."Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, vol. 24, 2024.
[14] G. G. Sofia, A. H. Ali, and H. A. Al-Zubaidy, "Trip Generation Modeling for Selected Zone in AL-Diwaniyah City."Journal of Engineering and Development, vol. 16, no.4.
[15] J. Mukherjee and B.R. Kadali "A comprehensive review of trip generation models based on land use characteristics."Transport and Environment, vol. 109, 2022.