Pengaruh U-turn Terhadap Kinerja Jalan Perintis Kemerdekaan KM.8

Penulis

  • Hilkia Timba Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Rais Rachman Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Lasty Dinulfy R. K. S Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52722/8be4s857

Kata Kunci:

U-turn, Waktu Tempuh, Kecepatan, Antrian, Kapasitas

Abstrak

Km. 8 di jalan Perintis Kemerdekaan cukup padat termasuk putar balik sebagai salah satu alasan utamanya, menyebabkan kemacetan mencapai puncaknya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji efisiensi putar balik dan tingkat pelayanan yang diberikan oleh jalan dengan infrastruktur putar balik, serta mengkaji rata-rata waktu tempuh, kecepatan, dan panjang antrian mobil yang melakukan manuver putar balik. Tujuan ini dicapai dengan menggunakan pendekatan PKJI 2014. Hasil analisis, jalur putar balik terpanjang adalah 89 meter dan membutuhkan waktu tempuh rata-rata 55,73 detik dengan kecepatan kendaraan 3,333 km/jam. Berdasarkan hasil yang diperoleh DJ  0,77 pada arah Utara-Selatan dan nilai DJ  0,66 pada arah Selatan-Utara.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

[1] G. Gautama, F. H. Jaya, dan D. Meriska, “Analisis Pengaruh U-turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas,” Tek. Sains J. Ilmu Tek., vol. 6, no. 2, hlm. 77–83, Des 2021, doi: 10.24967/teksis.v6i2.1412.

[2] R. Afriko, M. Kasmuri, dan N. Gofar, “Pengaruh U-turn Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Kasus: U-turn di Jalan Jendral Ahmad Yani, Palembang)”. Rang Teknik Jurnal, Vol. 6, no.1, 2023.

[3] Y. T. Utami, T. Ariyadi, dan S. Mayuni, “Kajian Putaran Balik Terhadap Arus Lalulintas”. JeLAST, Vo;. 5 (2), 2018. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JMHMS/article/view/28109

[4] H. E. Prasetyo dan T. Santoso, “Analisis Kinerja U-turn (Studi Kasus U-turn di ITC Jalan Letjen Soepono, Jakarta),” Konstruksia, vol. 11, no. 2, hlm. 17, Jul 2020, doi: 10.24853/jk.11.2.17-31.

[5] J. Maer, L. I. R. Lefrandt, dan J. A. Timboeleng, “Analisis Pengatuh U-turn Terhadap Karakteristik Arus Lalulintas di Ruas Jalan Robert Wolter Monginsi di Kota Manado,” 2019. J. Sipil Statik, vol. 7 (12), 2019.

[6] S. Hafidhoh Halim, “Kajian Putaran Balik Terhadap Kinerja Arus Lalulintas (Studi Kasus Jl. Ibrahim Adjie Kota Bandung),” J. Media Teknol., vol. 7, no. 2, hlm. 109–124, Mar 2022, doi: 10.25157/jmt.v7i2.2638.

[7] E. Tabuni dan V. D. A. Anggorowati, “Analisis U-turn Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Jalan LAKSDA Adi Sujipto Ambarukmo),”E-Quilib, vol. 1, no.2, 2020.

[8] G. Sumarda, M. Kariyana, dan D. Saputra, “Analisis Kinerja U-turn dan Ruas Jalan di Jalan By Pass Ngurah Rai Denpasar”. Gradien, vol.11, no.1, 2019.

[9] W. Sutrisno, D. Sulistyorini, dan Y. P. Pestalozzi, “Analisis Pengaruh U-turn Terhadap Kinerja Arus Lalulintas Ruas Jalan Mondroko Kec, Singosari, Kab. Malang”. Bangun Rekaprima, vol. 8, no.2, 2022.

[10] B. Rusmali, A. R. Nurdin, dan T. Mallawangeng, “Analisis Pengaruh U-turn Terhadap Kinerja Ruas Jalan Letjen Hertasning Kota Makassar dan Ruas Jalan Tun Abdul Razak Kabupaten Gowa,” Konsolidasi. vol. 1, no. 1, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-14

Cara Mengutip

[1]
Hilkia Timba, R. Rachman, and L. Dinulfy R. K. S, “Pengaruh U-turn Terhadap Kinerja Jalan Perintis Kemerdekaan KM.8”, PCEJ, vol. 6, no. 3, Sep. 2024, doi: 10.52722/8be4s857.