Analisis Kinerja Ruas Sultan Alauddin, Kota Makassar

Penulis

  • Gino Pasinggi Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Benyamin Tanan Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Louise Elizabeth Radjawane Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52722/8qjzed22

Kata Kunci:

Derajat Kejenuhan, Kinerja Jalan, Kapasitas Jalan

Abstrak

Jalan Sultan Alauddin merupakan jalan yang menghubungkan pusat aktivitas antara kota Makassar dan kota Sungguminasa. Jalan sultan Alauddin khususnya pada segmen Jalan Salemba-Jalan Monumen Emmy Saelan yang merupakan jalan perkotaan, hal ini mengakibatkan peningkatan volume lalu lintas baik dalam perjalanan menuju maupun pulang kerja. Peningkatan volume lalu lintas pada jam sibuk ini dapat mempengaruhi kinerja ruas jalan Sultan Alauddin lalu. Metode perhitungan menggunakan acuan PKJI Tahun 2014 mengenai Kapasitas Jalan Perkotaan. Pada penelitian ini proses analisis data dibutuhkan untuk mengetahui nilai arus jam puncak, kapasitas, derajat kejenuhan, kecepatan rata-rata kendaraan ringan dan kecepatan rata-rata sebenarnya ringan. Nilai DJ pada hari selasa sebesar 1,02 pada arah Gowa-Makassar, DJ pada hari selasa sebesar 0,75 pada arah Makassar-Gowa, DJ pada hari sabtu sebesar 0,68 pada arah Gowa-Makassar, DJ pada hari sabtu sebesar 0,74 pada arah Makassar-Gowa, DJ pada hari kamis sebesar 1,05 pada arah Gowa-Makassar dan DJ pada hari kamis sebesar 0,85 Makassar-Gowa yang berarti DJ pada 3 hari survei tersebut ada beberapa segmen jalan yang harus dipertimbangkan ditingkatkan kapasitasnya. Nilai kecepatan arus bebas dan nilai derajat kejenuhan digunakan untuk menentukan kecepatan rata-rata kendaraan ringan, yaitu VT 27,5 km/jam pada hari Selasa arah Gowa-Makassar, VT 38 km/jam pada hari Selasa arah Makassar-Gowa, VT 40 km/jam pada hari Sabtu arah Gowa-Makassar, VT 38,5 km/jam pada hari Sabtu arah Makassar-Gowa, VT 28 km/jam pada hari Kamis arah Gowa-Makassar dan VT 35,05 km/jam pada hari Kamis arah Makassar-Gowa. Kecepatan sebenarnya rata-rata kendaraan ringan yang diperoleh pada arah Gowa-Makassar sebesar 34,04 km/jam dan pada arah Makassar-Gowa adalah 9,32 km/jam.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

[1] Z. Nassrullah, “Evaluating Traffic Performance on Basra City Urban Roads Network,” IJE, vol. 36, no. 11, pp. 2063–2072, 2023, doi: 10.5829/IJE.2023.36.11B.11.

[2] J. Zang, P. Jiao, S. Liu, X. Zhang, G. Song, and L. Yu, “Identifying Traffic Congestion Patterns of Urban Road Network Based on Traffic Performance Index,” Sustainability, vol. 15, no. 2, p. 948, Jan. 2023, doi: 10.3390/su15020948.

[3] E. Purnama, A. I. Rifai, and N. Nasrun, “Analysis of Road Performance Used Indonesian Highway Capacity Manual 1997: A Case Jalan K.H Abdul Halim Majalengka-Indonesia,” CITIZ. J. Ilm. Multidiscip. Ind, vol. 2, no. 5, pp. 888–895, Dec. 2022, doi: 10.53866/jimi.v2i5.206.

[4] M. R. F. Amrozi and Raihan Pasha Isheka, “Optimizing The Functional Performance of Road Network using Vulnerability Assessment to Cope with Unforeseen Road Incidents,” jcef, pp. 67–80, Dec. 2021, doi: 10.22146/jcef.3598.

[5] J.-B. Yang, C.-C. Tseng, J.-R. Chang, and C.-M. Liu, “Establishment of urban road maintenance model based on performance-based contracts,” Journal of the Chinese Institute of Engineers, vol. 46, no. 3, pp. 208–219, Apr. 2023, doi: 10.1080/02533839.2023.2170922.

[6] D. S. L. W. Gutama, A. Mashadi, and K. A. N. Amat, “Analisis Proporsi Kendaraan Terjadap Kinerja Ruas Jalan di Kota Atambua (Studi Kasus:Jalan Moh. Yamin),” CIVeng, vol. 4, no. 1, Mar. 2023, doi: 10.30595/civeng.v4i1.15922.

[7] A. Wadu, M. Sodanango, and Z. Ar, “Impact of the Covid-19 Pandemic on Traffic Performance on Urban Roads in Kupang City, Indonesia:,” in Proceedings of the 4th International Conference on Applied Science and Technology on Engineering Science, Samarinda, Indonesia: SCITEPRESS - Science and Technology Publications, 2021, pp. 161–166. doi: 10.5220/0010941600003260.

[8] W. Wahab, R. Armen, and A. M. Rusli, “Studi Analisis Kinerja Ruas Jalan Jhoni Anwar dan Gajah Mada Kota Padang,” JTSITP, vol. 8, no. 2, p. 6, Jul. 2021, doi: 10.21063/jts.2021.V802.06.

[9] I. Faradila and I. Hagni Puspito, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Perkotaan Menggunakan MKJI 1997,” ARTESIS, vol. 2, no. 1, pp. 40–45, May 2022, doi: 10.35814/artesis.v2i1.3759.

[10] S. Metekohy and J. G. Metekohy, “Road Performance Analysis (Case Study: Jl. Kakialy Ambon City),” jist, vol. 4, no. 8, pp. 1016–1026, Aug. 2023, doi: 10.59141/jist.v4i8.679.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-14

Cara Mengutip

[1]
Gino Pasinggi, B. Tanan, and L. E. Radjawane, “Analisis Kinerja Ruas Sultan Alauddin, Kota Makassar”, PCEJ, vol. 6, no. 3, pp. 546–553, Sep. 2024, doi: 10.52722/8qjzed22.