Kinerja Jalan Pajjaiang Segmen Jl. Mannuruki Daya – Pintu 1 Gor Sudiang

Penulis

  • Sufiati Bestari Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Irwan Lie Keng Wong Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Yosep Kudu Rerung Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52722/hqs5ek89

Kata Kunci:

Kinerja ruas jalan, derajat kejenuhan, kecepatan kendaraan ringan.

Abstrak

Arus lalu lintas di Jalan Pajjaiang umumnya berasal dari pelaku lalu lintas “kommuter” lalu lintas dari arah Sudiang menuju Jalan Perintis Kemerdekaan dan begitupun arah sebaliknya. Jalan Pajjaiang dilalui trayek angkutan kota Sudiang - Daya dan Bus Mamminasata yang sering berhenti untuk penumpang naik atau turun. Penelitian ini bertujuan agar diketahui arus lalu lintas puncak, derajat kejenuhan, dan kecepatan kendaraan ringan. Metode yang digunakan mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Hasil analisis diperoleh derajat kejenuhan sebesar 0,33 dari arah Jalan Mannuruki – Pintu 1 Gor Sudiang dan derajat kejenuhan 0,30 dari arah Pintu 1 Gor Sudiang - Jalan Mannuruki Daya. Nilai derajat kejenuhan yang diperoleh lebih kecil daripada ambang batas 0,85 yang ditetapkan PKJI 2014, berarti arus lalu lintas pada Jalan Pajjaiang segmen Jl. Mannuruki Daya - Pintu 1 Gor Sudiang dalam keadaan belum jenuh. Pembacaan grafik PKJI 2014 didapatkan kecepatan rata-rata kendaraan ringan VT = 56,9 km/jam dari arah Jl. Mannuruki dan VT = 56,1 km/jam dari arah Pintu 1 Gor Sudiang. Perhitungan kecepatan aktual rata-rata kendaraan ringan pada hari Senin diperoleh 39,40 km/jam untuk arah Jl. Mannuruki – Pintu 1 Gor Sudiang dan  41,44 km/jam untuk arah Pintu 1 Gor Sudiang - Jl. Mannuruki Daya. Perhitungan kecepatan aktual rata-rata kendaraan ringan sewaktu ada kegiatan pasar pada hari Minggu 31,72 km/jam dari arah Jl. Mannuruki Daya – Pintu 1 Gor Sudiang dan  29,52 km/jam dari arah Pintu 1 Gor Sudiang - Jl. Mannuruki Daya. Kecepatan hasil pembacaan grafik VT dan hasil perhitungan berbeda jauh. Karena jarak tempuh kendaraan ringan yang disurvei pada lokasi studi 200 m, kurang mewakili kecepatan ruang. Sedangkan grafik dalam PKJI diturunkan dari survei segmen sepanjang 300 m.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

H. Erliana, C. L. Yusra, and F. Rizka, “Analisis Kinerja Jalan Pada Ruas Jalan Lintas Meulaboh – Tapak Tuan Kabupaten Nagan Raya,” VCT, vol. 2, no. 1, Oct. 2020, doi: 10.38038/vocatech.v2i1.39.

S. Haryati and N. Najid, “Analisis Kapasitas Dan Kinerja Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Jenderal Sudirman Jakarta,” j. mitra teknik sipil, vol. 4, no. 1, p. 95, Mar. 2021, doi: 10.24912/jmts.v0i0.10460.

S. Wardi, N. Omi Yeza, and S. Anita, “Analisis Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Jalan Raya Siteba Kota Padang),” JTSITP, vol. 8, no. 2, p. 5, Jul. 2021, doi: 10.21063/jts.2021.V802.05.

F. Suganda and F. Rosyad, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat Pembangunan Saluran U Ditch Dan Preservasi Jalan Pada Kawasan Jalan Soekarno-Hatta Kota Palembang,” RTJ, vol. 6, no. 1, pp. 138–150, Jan. 2023, doi: 10.31869/rtj.v6i1.3507.

M. H, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Di Wilayah Pusat Kota Studi Kasus ( Ruas Jalanandi Djemma Ex. Jalan Jenderal Sudirman Kota Palopo.” May 10, 2020. doi: 10.31219/osf.io/8279w.

Bertarina, I. Kustiani, and D. Despa, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Pattimura Kota Metro,” SNIP, vol. 2, no. 2, Dec. 2022, doi: 10.23960/snip.v2i2.248.

I. Faradila and I. Hagni Puspito, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Perkotaan Menggunakan MKJI 1997,” ARTESIS, vol. 2, no. 1, pp. 40–45, May 2022, doi: 10.35814/artesis.v2i1.3759.

A. P. F. Seran, S. Sugiyanto, and P. Pranoto, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Raya Singosari Kabupaten Malang,” Bangunan, vol. 25, no. 2, p. 25, Oct. 2020, doi: 10.17977/um071v25i22020p25-38.

M. E. Jingga, N. Miladan, and B. S. Pujantiyo, “Analisis kinerja jalan pada Kawasan Pasar Lama di Jalan Kisamaun, Kota Tangerang,” Jur. Reg. Jur. Pemb. Wil. dan Perenc. Part., vol. 19, no. 1, p. 107, Jan. 2024, doi: 10.20961/region.v19i1.64531.

S. Syafrizal and M. Idham, “Kinerja Ruas Jalan Cut Nyak Dien Terhadap Lebar Perkerasaan Jalan,” racic, vol. 8, no. 2, pp. 242–252, Dec. 2023, doi: 10.36341/racic.v8i2.3466.

“Pedoman_Kapasitas_Jalan_Indonesia_2014_L.pdf.”

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-12

Cara Mengutip

[1]
S. Bestari, I. L. K. Wong, and Yosep Kudu Rerung, “Kinerja Jalan Pajjaiang Segmen Jl. Mannuruki Daya – Pintu 1 Gor Sudiang”, PCEJ, vol. 6, no. 3, pp. 420–431, Aug. 2024, doi: 10.52722/hqs5ek89.