Pengaruh Putar Balik Arah (U-Turn) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus: Jl. Poros Makassar-Maros, Kilometer 20)

Penulis

  • Firdaus La'bi Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Charles Kamba Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Eltrit Bima Fitrian Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52722/8s767x89

Kata Kunci:

U-Turn, Arus Lalu Lintas, Kinerja

Abstrak

Perkembangan transportasi menjadi sangat pesat dipengaruhi oleh penggunaan kendaraan pribadi yang semakin meningkat dan mempunyai dampak yang signifikan terhadap permintaan pergerakan jasa infrastruktur transportasi; antara lain, kemacetan merupakan gejala akibat umum dari tuntutan tersebut dan tersediaannya prasarana. Salah satu pengaruh dalam melakukan gerakan u-turn yakni kecepatan kendaraan akan menjadi lambat atau berhenti (delay). Perlambatan ini berpengaruh terhadap arus lalu lintas pada arah yang sama dan sebaliknya. Kondisi kendaraan tertentu saat melakukan gerakan u-turn, tidak dapat melakukan putaran secara langsung sehingga mengganggu kendaraan lain atau bahkan menghentikannya. Masalah ini terjadi baik dari arah yang sama atau berlawanan ketika melakukan putaran u-turn. Maka itu dilaksanakan studi yang bertujuan agar  menganalisa volume lalu lintas serta fasilitas U-Turn, mencari waktu efektif ketika terjadi U-Turn, dan mengetahui tingkat pelayanan jalan poros makassar-maros kilometer 20.  Agar didapatkan tujuan tersebut digunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014.  Dari pengamatan yang dilaksanakan diperoleh  volume lalu lintas terbesar untuk arah Makassar ke Maros 2.657 skr/jam, dan untuk arah Maros ke Makassar sebesar 2.446 skr/jam . Fasilitas panjang antrian tertinggi saat melakukan U-Turn sebesar 133 meter arah Makassar ke Maros, dan 133 meter untuk arah Maros ke MAkassar, Waktu efektif kendaraan pada saat melakukan u-turn Sebesar 25,37 detik, dan  berdasarkan dari nilai derajat kejenuhan didapatkan tingkat tertinggi pelayanan jalan  dari arah Makassar ke Maros yaitu (B) dan dari arah Maros ke Makassar yaitu (B). Dimana jalan mendekati arus stabil dan kecepatan pengemudi akan dipengaruhi oleh lalu lintas.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

L. P. Dalipang, R. Rachman, and A. Kusuma, “Analisis Antrian Dan Tundaan Ruas Jalan Urip Sumoharjo Akibat Putar Balik Arah (U-Turn) Depan Mall Nipah,” pcej, vol. 5, no. 3, pp. 551–560, Sep. 2023, doi: 10.52722/pcej.v5i3.724.

H. Purnama, F. R. Rustan, and R. Puspaningtyas, “Analisis Kinerja Bukaan Median (U-Turn) Berdasarkan Model Kapasitas Siegloch dan Harder,” Borneo.Engineering, vol. 8, no. 1, pp. 42–54, Apr. 2024, doi: 10.35334/be.v8i1.4966.

S. Bestari, M. Selintung, and L. A. Marlina, “Analisis Kinerja Lalu Lintas Jalan Pengayoman Pada Segmen Jl.Bougenville-Jl.Adyaksa,” pcej, vol. 5, no. 3, pp. 457–466, Sep. 2023, doi: 10.52722/pcej.v5i3.709.

A. Syahril and I. Hagni Puspito, “Analisis Pengaruh Aktivitas U-Turn Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Raya Bogor Km.19 Kota Jakarta Timur,” ARTESIS, vol. 2, no. 2, pp. 147–152, Nov. 2022, doi: 10.35814/artesis.v2i2.4296.

W. Sutrisno, K. Kumalasari, D. Sulistyorini, and Y. P. Pestalozzi, “Analisis Pengaruh U-Turn Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Mondoroko Kec. Singosari, Kab. Malang,” bangunrekaprima, vol. 8, no. 2, p. 21, Oct. 2022, doi: 10.32497/bangunrekaprima.v8i2.3963.

T. Satriawansyah, F. Fitrayuddin, N. Tawaf, and M. Antika, “Evaluasi Kinerja Arus Lalu Lintas Diseputaran Taman Bugis Kota Sumbawa Besar,” Sainteka, vol. 4, no. 1, Feb. 2023, doi: 10.58406/sainteka.v4i1.1144.

S. Hafidhoh Halim, “Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Jl. Ibrahim Adjie Kota Bandung),” JMT, vol. 7, no. 2, pp. 109–124, Mar. 2022, doi: 10.25157/jmt.v7i2.2638.

D. S. Arifanti and I. F. Radam, “Pengaruh Arus Divergent Pada U-Turn Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus Ruas Jl. A. Yani Km. 35 Banjarbaru),” teknika, vol. 17, no. 2, p. 100, Oct. 2022, doi: 10.26623/teknika.v17i2.5303.

S. Putrini, J. Purnomo, and C. Larasati, “Pengaruh Gerak U-Turn pada Bukaan Median terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Jenderal Ahmad Yani Kabupaten Ketapang,” RIGID, vol. 3, no. 1, pp. 34–41, Jan. 2024, doi: 10.58466/rigid.v3i1.1442.

Lionardo and Yusra Aulia Sari, “Pengaruh Gerak U-Turn Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Raja H. Fisabililah,” JTS, vol. 16, no. 4, pp. 302–311, May 2022, doi: 10.24002/jts.v16i4.5468.

Unduhan

Diterbitkan

2024-08-12

Cara Mengutip

[1]
F. La’bi, C. Kamba, and E. B. Fitrian, “Pengaruh Putar Balik Arah (U-Turn) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus: Jl. Poros Makassar-Maros, Kilometer 20)”, PCEJ, vol. 6, no. 3, pp. 392–399, Aug. 2024, doi: 10.52722/8s767x89.