Evaluasi Kinerja Ruas Frontage Road Tol Ir. Sutami, Makassar

Penulis

  • Ari kusuma Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • louise elizabeth radjawane UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA PAULUS Penulis
  • Abraham Robert Karapa UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA PAULUS Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52722/2qxm7745

Kata Kunci:

Ruas Perkotaan, Hambatan Samping, PKJI 2014

Abstrak

Frontage Road Tol Ir.Sutami merupakan akses yang menghubungkan Kota Makassar dan perbatasan Kota Makassar-Kota Maros, di lokasi ini merupakan kawasan padat penduduk, beberapa toko, perkantoran, pergudangan, sekolah, dan fasilitas umum lainnya, serta beberapa persimpangan kecil (akses persil). Selain itu pengaruh hambatan samping seperti berhentinya kendaraan ringan dan kendaraan berat  pada bahu jalan dan kendaraan motor yang melawan arah yang menimbulkan kemacetan pada ruas jalan. Metode pada penelitian ini menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 (PKJI 2014) Kapasitas Jalan Perkotaan. Pengumpulan data dengan melakukan survei pencacahan arus lalu lintas, maka dapat dihitung jumlah volume lalu lintas, kapasitas jalan serta derajat kejenuhan. Dari hasil analisis di dapat volume lalu lintas jam puncak terjadi pada hari Senin, 3 Juli 2023 pukul 16.15 – 17.15 sebesar 1943,30 skr/jam dengan kapasitas jalan sebesar 1802,43 skr/jam dan nilai derajat kejenuhan sebesar 1,078. Perbaikan kinerja ruas dilakukan untuk meningkatkan kinerja ruas.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

A. W. Hidayat, 2020. “Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Depan Pasar Mayong Jepara),” Inersia Lnformasi Dan Ekspose Has. Ris. Tek. Sipil Dan Arsit., Vol. 16, No. 2, Hlm. 171–178, Des 2020, Doi: 10.21831/Inersia.V16i2.36902.

A. Syahputra, 2023. “Studi Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Karakteristik Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Sisingamangaraja (Studi Kasus)”. GANEC SWARA, Vol. 17, No.3.

N. R. Kadarusman, A. R. Hendardi, dan A. R. Nurmayadi, “Analisis Hambatan Samping Sepanjang 600 m Akibat Aktivitas Lalu Lintas Penyebab Kemacetan Pada Ruas Jalan Panumbangan Kabupaten Ciamis,” Jurnal Perjuangan, Vol. 3, No. 1.

M. A. Taufik, “Pengaruh Arus Kendaraan Berat (Truk) Terhadap Tingkat Kemacetan Lalu Lintas Di Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa” Skripsi. Universitas Islam Negeri.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum.

Departemen Pemukiman Dan Prasarana Wilayah (2004). Pedoman Konstruksi Dan Bangunan (Survei Pencacahan Lalu Lintas Dengan Cara Manual. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2021. Pedoman Desain Geometrik Jalan. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum.

A. Munawar, Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. ”Beta Offset” Jogjakarta. 2004.

Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. Jakarta.

L. E. Radjawane, Rekayasa Lalu Lintas.Nuta Media, Yogyakarta

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-03

Cara Mengutip

[1]
A. kusuma, louise . elizabeth radjawane, and A. . Robert Karapa, “Evaluasi Kinerja Ruas Frontage Road Tol Ir. Sutami, Makassar”, PCEJ, vol. 6, no. 1, Mar. 2024, doi: 10.52722/2qxm7745.