Analisis Kinerja Lalu Lintas Jalan Pengayoman Pada Segmen Jl.Bougenville-Jl.Adyaksa

Authors

  • Sufiati Bestari Universitas Kristen Indonesia Paulus Author
  • Mary Selintung Universitas Kristen Indonesia Paulus Author
  • Lus Aini Marlina Universitas Kristen Indonesia Paulus Author

DOI:

https://doi.org/10.52722/pcej.v5i3.709

Keywords:

Derajat Kejenuhan, Kecepatan Rata-rata Kendaraan Ringan, Kecepatan Aktual Rata-rata Ruang.

Abstract

Pada jalan Pengayoman arus lalu lintas didominasi oleh para pegawai yang bekerja serta para pengunjung toko di sepanjang jalan Pengayoman pada segmen Jl.Bougenville-Jl.Adyaksa. Hal ini menyebabkan kondisi lalu lintas menjadi padat pada jam-jam tertentu dan dapat mempengaruhi kinerja lalu lintas. Selain itu, kegiatan yang dilakukan di samping jalan juga merupakan pengaruh terhadap kinerja lalu lintas yaitu adanya pemberhentian kendaraan umum dikarenakan adanya penumpang yang naik dan turun, pedagang pengecer di median jalan, serta banyaknya kendaraan yang parkir di badan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja lalu lintas Jalan Pengayoman pada ruas Jl.Bougenville-Jl.Adyaksa, adapun hal yang perlu diteliti adalah derajat kejenuhan, nilai kecepatan rata-rata kendaraan ringan, dan nilai kecepatan rata-rata aktual ruang kendaraan ringan pada jam sibuk. Analisis pada penelitian ini merujuk pada PKJI 2014. Pengumpulan data dilakukan selama 3 hari yaitu mencacah volume lalu lintas, mencacah kejadian hambatan samping, dan mengukur waktu tempuh pada kendaraan ringan. Hasil analisis menunjukkan derajat kejenuhan arah barat-timur sebesar 0,37 dan arah timur-barat sebesar 0,51 yang kurang dari 0,85 artinya arus lalu lintas kedua arah belum macet. Berdasarkan pembacaan grafik diperoleh kecepatan rata-rata kendaraan ringan pada arah barat-timur sebesar 56 km/jam dan pada arah timur-barat sebesar 52,5 km/jam. Perhitungan nilai kecepatan dan pembacaan pada grafik memiliki hasil yang sangat berbeda karena jarak survei terlalu pendek untuk mendapatkan kecepatan ruang, yaitu 50 m. Sebaiknya dalam melakukan survei kecepatan jarak yang digunakan untuk kecepatan rata-rata ruang harus lebih dari 50 m untuk mendapatkan hasil yang lebih mewakili kecepatan ruang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-11

How to Cite

[1]
S. Bestari, M. Selintung, and L. A. . Marlina, “Analisis Kinerja Lalu Lintas Jalan Pengayoman Pada Segmen Jl.Bougenville-Jl.Adyaksa”, PCEJ, vol. 5, no. 3, pp. 457–466, Jan. 2024, doi: 10.52722/pcej.v5i3.709.