Implementasi Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Ditinjau Dari Pendekatan Analisis SWOT Pada UMKM XYZ
DOI:
https://doi.org/10.34207/Kata Kunci:
Digital Marketing, Analisis IFAS, Analisis EFAS, Analisis Matrik SWOTAbstrak
Implementasi Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omset Ditinjau Dari Pendekatan Analisis SWOT Pada UMKM XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana UMKM XYZ, yang bergerak dalam penjualan sabun pembersih dan pewangi sepatu, menerapkan strategi pemasaran digital untuk meningkatkan omsetnya dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini berfokus pada bagaimana UMKM XYZ menggunakan strategi pemasaran digital untuk memperluas bisnisnya dan meningkatkan penjualan produk, yang diukur melalui analisis SWOT. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan sekunder, yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran digital melalui platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Shopee, dan Tiktok berhasil meningkatkan omset. Skor Matriks IFAS sebesar 2,825 menunjukkan kekuatan faktor internal yang tinggi, sedangkan skor Matriks EFAS sebesar 3,075 menunjukkan kemampuan yang baik dalam merespons peluang dan ancaman. Analisis SWOT membantu dalam merumuskan strategi untuk memanfaatkan peluang menggunakan faktor internal yang kuat serta menghadapi ancaman dengan baik.