OPTIMALISASI KESADARAN MEMBAYAR PAJAK BAGI PEMUDA MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL DI ERA NEW NORMAL.

Penulis

  • Salsa Billa Putri Fahri Universitas Syiah Kuala Penulis
  • Anissa Imana Mayrazaka Universitas Syiah Kuala Penulis
  • Mumthazul Hayya Universitas Syiah Kuala Penulis

Kata Kunci:

Pemuda, Kesadaran membayar pajak, Social media, Edukasi perpajakan, New normal

Abstrak

Kesadaran masyarakat akan pajak sangat penting.
Pajak merupakan salah satu penerimaan terbesar negara yang
digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan
masyarakat. Berbagai macam alasan wajib pajak tidak mau
membayar pajak. Upaya untu peningkatan kesadaran membayar
pajak bisa dilakukan melalui edukasi. Penelitian ini mengambil
rumusan masalah yaitu, Bagaimana peran edukasi dalam
mengoptomalisasikan kesadaran membayar pajak terhadap
pemuda? dan Bagaimana peran social media dalam edukasi
perpajakan diera new normal?. Sedangkan untuk tujuan nya adalah
untuk mengetahui bagaimana peran edukasi dalam
mengedukasikan optimalisasi kesadaran membayar pajak serta
mengetahui bagaimana peran social media dalam
mengedukasikan perpajakan di era new normal. Diharapkan
penelitian ini bisa digunakan sebagai wawasan untuk edukasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif
analitik karena hanya mendeskripsikan suatu fenomana saja. Data
yang dipakai ialah data sekunder yang diperoleh dari observasi
tidak langsung dan studi kepustakaan melalui buku, artikel, bps,
website DJP, we are social, dan beberapa referensi lainnya.
Edukasi perpajakan sangat penting bagi pemuda untuk menjadi
sadar akan pentingnya pajak bagi diri mereka sendiri sehingga
dapat memberikan pengaruh positif bagi masyarakat di sekitarnya
terhadap urgensi membayar pajak. Edukasi perpajakan bisa
diterapkan berbasis social media, karena jumlah pengguna social
media aktif tiap tahunnya bertambah. Maka oleh karena itu, sangat
ampuh jika terus digalakkan. Hal ini akan sangat berpengaruh
terhadap peningkatan kesadaran pajakdi semua kalangan usia.

Diterbitkan

31-12-2021

Cara Mengutip

OPTIMALISASI KESADARAN MEMBAYAR PAJAK BAGI PEMUDA MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL DI ERA NEW NORMAL. (2021). Paulus Journal of Accounting (PJA), 3(1), 77-90. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/pja/article/view/151

Artikel Serupa

11-20 dari 22

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.