Efektivitas Pengelolaan Dana BOS pada Satuan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Distrik Nabire
DOI:
https://doi.org/10.8844/h42szk40Kata Kunci:
Dana BOS, pengelolaan keuangan sekolah, mutu pendidikan, partisipasi masyarakat, Distrik NabireAbstrak
Penelitian ini menganalisis efektivitas pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam meningkatkan mutu pendidikan di Distrik Nabire. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kasus pada satuan pendidikan dasar dan menengah, data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap lima sekolah. Hasil menunjukkan bahwa pengelolaan dana BOS telah berjalan sesuai prosedur melalui platform digital seperti ARKAS, namun efektivitasnya dipengaruhi oleh keterbatasan kapasitas SDM, pelibatan komite yang masih formal, serta dinamika teknis seperti pencairan dana dan perubahan juknis. Meskipun dana BOS terbukti mendukung kelengkapan sarana belajar, honor guru non-PNS, dan kegiatan siswa, masih terdapat kesenjangan antara kebutuhan nyata dengan alokasi anggaran. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas manajerial sekolah, fleksibilitas kebijakan berbasis konteks lokal, dan peningkatan partisipasi masyarakat untuk memastikan pemanfaatan dana BOS berdampak nyata pada transformasi kualitas pendidikan.
Unduhan
Referensi
Arifin, Z. (2018). Mutu pendidikan: Teori dan praktik dalam pengelolaan pendidikan yang berkualitas. PT Raja Grafindo Persada.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2014). Standar nasional pendidikan. Jakarta: BSNP.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Dori, H. P., Lambe, K. H. P., & Sabandar, S. Y. (2025). ANALISIS DAMPAK SISTEM PELAYANAN KAS DAERAH ONLINE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH DI BANK PAPUA KANTOR CABANG UTAMA NABIRE. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 27–34. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/853
Gagne, R. M. (2016). The conditions of learning and theory of instruction. Holt, Rinehart, and Winston.
Halik, J. B., Parawansa, D. A. S., Sudirman, I., & Jusni, J. (2023). Implications of IT Awareness and Digital Marketing to Product Distribution on the Performance of Makassar SMEs. 유통과학연구 Journal of Distribution Science, 21(7), 105–116. https://doi.org/10.15722/jds.21.07.202307.105
Halik, J. B., & Halik, M. Y. (2024). Open Innovation And Digital Marketing : A Catalyst For Culinary SMEs In Makassar. Jurnal Manajemen, 28(03), 588–612. https://doi.org/10.24912/jm.v28i3.2059
Hasniaty, H., Saputra, S., & Adiputra, Y. (2024). School operational assistance fund management strategy in improving quality and achievement. YUME: Journal of Management, 7(2), 33–45.
Iyai, Y. E. M., Jaya, A., & Halik, J. B. (2025). Analisis Kepatuhan dan Prosedur Verifikasi terhadap Kualitas Kinerja Pegawai di Badan Pendapatan , Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Papua Tengah. J-MEBI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 1(1), 32–42. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jmebi/article/view/872
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Petunjuk teknis pengelolaan dana BOS. Jakarta: Kemendikbud RI.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Panduan pengelolaan dana BOS tahun 2021. Jakarta: Kemendikbud RI.
Mangallo, E., Baharuddin, & Lambe, K. H. P. (2025). EFEKTIVITAS TUGAS DAN FUNGSI PENGAWAS PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH DI INSPEKTORAT PROVINSI PAPUA TENGAH. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 108–115. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/865
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Mulyadi, M. (2018). Pengelolaan dana BOS dan dampaknya terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 6(2), 59–72.
Nurisnain, M. M., & Mursyidah, L. (2024). Evaluation of the management policy of BOS funds in elementary schools. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 19(4), 112–121.
Nurdin, M. (2017). Pengelolaan dana BOS: Teori dan praktik dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Administrasi, 15(1), 47–56.
Paembonan, R., Ma’na, P., & Halik, J. (2024). Analisis akuntabilitas kinerja keuangan daerah di kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang kabupaten biak provinsi Papua. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.63416/mrb.v2i2.254
Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2015). Purposeful sampling for qualitative data collection and analysis in mixed method implementation research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42(5), 533–544. https://doi.org/10.1007/s10488-013-0528-y
Ridwan, M., Charista, M. D., & Janie, D. N. A. (2024). The determinants of school operational assistance fund management. In Proceedings of the 7th International Conference on Education and Technology (ICET) (pp. 98–103). Atlantis Press.
Sahdan, S. (2023). Effectiveness of accountability and transparency of BOS fund management using the ARKAS application. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 5(2), 176–186.
Sumedi, A. (2017). Pengaruh penggunaan dana BOS terhadap mutu pendidikan di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 14(2), 45–52.
Suparno, S. (2018). Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pengelolaan dana BOS di sekolah. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 22(3), 203–215.
Suryanthi, I. G. A. E., Atmadja, A. T., & Purnamawati, I. G. A. (2024). The effect of good school governance on school education quality: The moderating role of BOS fund effectiveness. Keberlanjutan: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 9(1), 26–48.
Suryani, A. (2019). Manajemen keuangan sekolah dan pengelolaan dana BOS. Bandung: Alfabeta.
Susanti, R., Lambe, K. H. P., & Gunadi, H. (2024). Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Yayasan Kristen Wamena Kabupaten Jayawijaya. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 2(2), 47–55. https://doi.org/10.63416/mrb.v2i2.301
Supriyono, T. (2016). Evaluasi hasil belajar siswa: Konsep dan aplikasi. Yogyakarta: Andi Publisher.
Tarman, B. (2017). Kompetensi guru dalam pendidikan (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Ulum, I., Ghozali, I., & Purwanto, H. (2022). Accountability practices in school governance: The agency theory perspective. Jurnal Akuntabilitas Keuangan Negara, 8(1), 1–14.
Wahid, A. (2016). Evaluasi pengelolaan dana BOS pada sekolah dasar di daerah terpencil. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(1), 23–31.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). SAGE Publications.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Erji Rumahorbo, Kristian H.P Lambe, Baharuddin Baharuddin (Penulis)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.