Penerapan Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan  Kepuasan Publik (Studi Kasus Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire)

Penulis

  • Lusiana Lusiana Program Studi Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Amir Jaya Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Sita Yubelina Sabandar Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.8844/q32fgb74

Kata Kunci:

Penerapan, Sarana Prasarana, Kepuasan Publik, Dinas Pendidikan, Nabire

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Penerapan Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan  Kepuasan Publik. Obyek penelitian ini di Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dari dari primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara terhadap informan dan dokumentasi. Informan penelitian ini sebanyak 6 orang terdiri dari pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire yang mengetahui tentang pengguna sarana dan prasarana.Metode analisis data dengan metode analisis deskriptif kualitatif, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Penerapan manajemen sarana dan prasarana oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire mencakup tahapan perencanaan berbasis kebutuhan dan anggaran, pengadaan yang transparan dan akuntabel, serta pengelolaan yang mencakup distribusi, pemeliharaan, hingga pelaporan; Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire berupaya meningkatkan kepuasan publik melalui peningkatan kualitas pendidikan, pemerataan akses pendidikan, penguatan kompetensi tenaga pendidik, penerapan inovasi pembelajaran, pembentukan karakter siswa, serta menjalin kemitraan dengan berbagai stakeholder; Penerapan manajemen sarana dan prasarana di Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire masih menghadapi berbagai hambatan, seperti keterbatasan anggaran, lemahnya koordinasi antar instansi, rendahnya pemahaman tentang pentingnya sarana prasarana, serta kurangnya tenaga ahli yang kompeten.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Armstrong, M. (2021). Armstrong's Handbook of Human Resource Management Practice. Kogan Page. 115-117.

Creswell, John W & J. David Creswell. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. SAGE Publications, Inc.

Dessler (2021) Dessler, G. (2021). Human Resource Management. Pearson.

Fitzgerald & Aitken (2022) Fitzgerald, L., & Aitken, R. (2022). Public Service Quality and Public Satisfaction. Routledge.

Iyai, Y. E. M., Jaya, A., & Halik, J. B. (2025). Analisis Kepatuhan dan Prosedur Verifikasi terhadap Kualitas Kinerja Pegawai di Badan Pendapatan , Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Papua Tengah. J-MEBI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 1(1), 32–42. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jmebi/article/view/872

Kumar, V. (2022). "Public Satisfaction and Service Quality". Journal of Public Administration.

Medea, F., Sabandar, S. Y., & Badawi, R. (2024). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Anggaran Belanja pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Toraja Utara. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review (MARIOBRE), 2(1), 45–51. https://doi.org/10.63416/mrb.v2i1.226

Mulyasa, E. (2022). Manajemen Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B., Huberman, A. M. and Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis. (Fourth Edi). SAGE Publication.

Noe, R. A., Hollenbeck, J. R., Gerhart, B., & Wright, P. M. (2021). Fundamentals of Human Resource Management. McGraw-Hill.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 24 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Randan, F., Todingbua, M. A., & Buku, A. (2025). Efektifitas Pelayanan dan Penyediaan Sarana / Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Dilingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 101–107. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/864/712

Rizal, A. (2022). "Kepuasan Publik dalam Pelayanan Pendidikan". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2022). Service Quality and Customer Satisfaction. Andi.

Torrington, D., Hall, L., & Taylor, S. (2021). Human Resource Management. Pearson.

Salombe, A., Rantererung, C. L., & Lambe, K. H. P. (2025). PENGARUH SISTIM INFORMASI KESEHATAN DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI PROVINSI PAPUA TENGAH. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 93–100. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/863

Santoso, H. (2023). "Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan di Daerah Terpencil: Studi Kasus di Kabupaten Nabire". Jurnal Pendidikan Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

22-07-2025

Cara Mengutip

Penerapan Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan  Kepuasan Publik (Studi Kasus Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire). (2025). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 1(2), 144-151. https://doi.org/10.8844/q32fgb74