PENGARUH METODE PEMBAYARAN COD DAN PAYLATER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM SHOPEE

Penulis

  • Zulkarnain Siregar Universitas Negeri Medan Penulis
  • Dina Aulia Universitas Negeri Medan Penulis
  • Indah Permatasari Tambunan Universitas Negeri Medan Penulis
  • Kharisma Nurbani Universitas Negeri Medan Penulis
  • Marsela Natalie Hutapea Universitas Negeri Medan Penulis
  • Rizky Idaman Telaumbanua Universitas Negeri Medan Penulis
  • Rizky Ramadhan Universitas Negeri Medan Penulis

DOI:

https://doi.org/10.34207/

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembayaran Cash on Delivery (COD) dan PayLater terhadap keputusan pembelian di platform Shopee pada mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 200 responden dan teknik purposive sampling, data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik COD maupun PayLater berpengaruh signifikan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,431. Ini berarti kedua metode pembayaran mampu menjelaskan 43,1% variasi keputusan pembelian mahasiswa di Shopee.

Diterbitkan

03-07-2025

Cara Mengutip

PENGARUH METODE PEMBAYARAN COD DAN PAYLATER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PLATFORM SHOPEE. (2025). Paulus Journal of Accounting (PJA), 6(2). https://doi.org/10.34207/