Kualitas Kinerja Pegawai dalam Peningkatan PBB-P2 dan PAD pada BAPENDA Kabupaten Nabire

Penulis

  • Rudy Tonapa Program Studi Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Kristian Hoegh Pride Lambe Program Studi Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Mika Malissa Program Studi Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.8844/szj4pr61

Kata Kunci:

Kinerja Pegawai, PBB-P2, PAD, Pelayanan Publik, Bapenda Nabire

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas kinerja pegawai dalam peningkatan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) serta kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada BAPENDA Kabupaten Nabire. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kinerja pegawai—dalam aspek kedisiplinan, kompetensi, tanggung jawab, dan pelayanan publik—memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas pemungutan PBB-P2. Faktor pendukung utama adalah dukungan pimpinan, pelatihan berkelanjutan, dan adopsi teknologi informasi. Sebaliknya, tantangan utama meliputi rendahnya kesadaran wajib pajak dan keterbatasan sarana kerja. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kapasitas pegawai dan perbaikan sistem pelayanan berkontribusi langsung terhadap peningkatan PAD. Oleh karena itu, strategi pembangunan SDM, optimalisasi sistem digital, serta edukasi perpajakan kepada masyarakat menjadi rekomendasi utama untuk memperkuat penerimaan daerah secara berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Armstrong, M. (2020). Armstrong’s handbook of performance management: An evidence-based guide to delivering high performance (6th ed.). Kogan Page.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Darussalam. (2021). Perpajakan daerah di Indonesia: Konsep dan implementasi. Salemba Empat.

Dewi, A. M., & Prabowo, H. (2020). The effect of public employee performance on local revenue. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Publik, 9(1), 45–52.

Fitriani, D., & Ghozali, I. (2021). Public service quality and tax compliance: The role of employee performance. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 12(2), 101–114.

Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donnelly, J. H. (2010). Organizations: Behavior, structure, processes (14th ed.). McGraw-Hill.

Halomoan, T. (2021). Desentralisasi fiskal dan peningkatan PAD. Rajawali Pers.

Iskandar, A., & Nurhayati, T. (2022). Pengaruh tata kelola keuangan dan kompetensi SDM terhadap kemandirian fiskal daerah. Jurnal Keuangan Daerah, 3(2), 55–68.

Lambe, K. H. P., Palondongan, E., Ma’na, P., & Tandi, A. (2024). Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Toraja Utara. Al-Buhuts, 20(1), 138–147. https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.4711

Mangallo, E., Baharuddin, & Lambe, K. H. P. (2025). EFEKTIVITAS TUGAS DAN FUNGSI PENGAWAS PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH DI INSPEKTORAT PROVINSI PAPUA TENGAH. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 108–115. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/865

Mangkunegara, A. P. (2015). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Mangopo, R. M., Landjang, X. I. S., Lambe, K. H. P., & Jaya, A. (2025). Analisis Pengelolaan Pajak dan Retribusi Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kota Jayapura. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 8(1), 171–180. https://doi.org/10.36778/jesya.v8i1.1887

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moenir, H. A. S. (2010). Manajemen pelayanan umum di Indonesia. Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi). Remaja Rosdakarya.

Novita, A., & Sunaryo, S. (2019). Peran inovasi digital dalam meningkatkan pelayanan pajak daerah. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Publik, 10(1), 77–89.

Paembonan, R., Ma’na, P., & Halik, J. (2024). Analisis akuntabilitas kinerja keuangan daerah di kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang kabupaten biak provinsi Papua. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.63416/mrb.v2i2.254

Rivai, V. (2016). Manajemen sumber daya manusia untuk organisasi dari teori ke praktik. Rajagrafindo Persada.

Sanggalangi, A. D., Rantererung, C. L., & Halik, J. B. (2025). Evaluasi Rencana Kerja dan Anggaran Dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan di Inspektorat Provinsi Papua Tengah. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 86–92. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/862

Sari, R., Wijaya, M., & Puspitasari, E. (2019). The effectiveness of land and building tax management toward PAD. Jurnal Keuangan dan Akuntansi Daerah, 5(3), 134–142.

Sedarmayanti. (2017). Manajemen sumber daya manusia: Reformasi birokrasi dan manajemen pegawai negeri sipil. Refika Aditama.

Setiawati, L., Todingbua, M. A., & Halik, J. B. (2025). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan pada KPP Makassar Utara. Scientific Journal of Economics, Management, Business, and Accounting, 15(1), 141–155. https://doi.org/10.37478/als.v15i01.5342

Susanti, R., Lambe, K. H. P., & Gunadi, H. (2024). Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Yayasan Kristen Wamena Kabupaten Jayawijaya. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 2(2), 47–55. https://doi.org/10.63416/mrb.v2i2.301

Wahyudi, E., & Hidayat, M. T. (2020). Employee performance and service quality in local tax management. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 10(2), 201–215.

Wulandari, D., & Nugroho, A. (2020). Pengaruh validitas data objek pajak terhadap penerimaan PBB-P2. Jurnal Pajak Daerah, 8(1), 34–41.

Unduhan

Diterbitkan

18-07-2025

Cara Mengutip

Kualitas Kinerja Pegawai dalam Peningkatan PBB-P2 dan PAD pada BAPENDA Kabupaten Nabire. (2025). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 1(2), 79-87. https://doi.org/10.8844/szj4pr61