Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Efektivitas Manajerial Di Lingkungan Sekolah Dasar Di Kabupaten Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.8844/q4hxrn31Kata Kunci:
Efektivitas, Kompetensi, Manajerial, Pendidikan, SekolahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kompetensi kepala sekolah dalam meningkatkan efektivitas manajerial di lingkungan Sekolah Dasar di Kabupaten Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi terhadap kepala sekolah, koordinator pengawas, dan kepala Dinas Pendidikan setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepala sekolah yang baik, terutama dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi, berkontribusi langsung terhadap terciptanya manajemen sekolah yang efektif. Upaya peningkatan kompetensi dilakukan melalui pelatihan formal, pengembangan mandiri, serta kolaborasi antar kepala sekolah. Adapun hambatan yang ditemukan meliputi keterbatasan anggaran, sistem rekrutmen yang belum berbasis meritokrasi, beban administratif tinggi, serta keterbatasan akses teknologi. Sementara itu, faktor pendorongnya adalah dukungan dari Dinas Pendidikan, komunitas belajar kepala sekolah, serta kebijakan afirmatif berbasis lokal. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kebijakan peningkatan kompetensi yang lebih kontekstual dan berkelanjutan guna memperkuat kualitas kepemimpinan kepala sekolah di daerah.
Unduhan
Referensi
Aida, K., & Supriyanto, W. (2021). Pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia.
Daftar sekolah SD di Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan Tahun 2025 - Daftarsekolah.Net. (2025, March 3). Daftarsekolah.Net. https://daftarsekolah.net/
Damri. (2024). Analisis kebijakan terkait perekrutan tenaga kependidikan serta dampaknya terhadap kualitas pendidikan. Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan. https://jurnalp4i.com/index.php/manajerial
Data sekolah Kab. Tana Toraja - Dapodikdasmen. (2025, March 3). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://dapo.dikdasmen.go.id/sp/2/191800
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. (2023). Peraturan Direktur Jenderal GTK Nomor 7327 Tahun 2023 tentang model kompetensi kepala sekolah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Halik, J. B., & Nurlia, N. (2024). THE INFLUENCE OF LECTURER COMPETENCE ON THE QUALITY OF EDUCATION IN THE MANAGEMENT DEPARTMENT OF UKIP MAKASSAR. Jurnal GeoEkonomi, 15(01), 138–147. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.V15i1.326
Lambe, K. H. P., Palondongan, E., Ma’na, P., & Tandi, A. (2024). Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Toraja Utara. Al-Buhuts, 20(1), 138–147. https://doi.org/10.30603/ab.v20i1.4711
Kementerian Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/madrasah. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendiknas_13_2007.pdf
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 25 Tahun 2024 tentang ketentuan pemenuhan beban kerja kepala sekolah.
Mulyasa, E. (2021). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2017). Metode penelitian. Ghalia Indonesia.
Permenpanrb-no-21-tahun-2024. (n.d.).
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2020). Management (15th ed.). Pearson.
Salin, I. M., Dantes, N., Ketut, G., & Sunu, A. (n.d.). Analisis diskrepansi pelaksanaan kompetensi kepala sekolah berbasis Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 di lingkungan sekolah dasar Seraya Timur, Kecamatan Karangasem
Salsabila, R. (2022). Pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMAN 11 Tangerang Selatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Siregar, E. B., Hidayah, N., Karo, B., Samosir, D., Rajagukguk, W., & Medan, U. N. (2024). Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan KUALITAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DI INDONESIA. 12(2), 34–50.
Sudarwan. (2022). Korelasi kompetensi manajerial kepala sekolah dengan efektivitas organisasi sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 8(1), 33-48.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). CV Alfabeta.
Susanti, R., Lambe, K. H. P., & Gunadi, H. (2024). Pengaruh Motivasi, Disiplin dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Yayasan Kristen Wamena Kabupaten Jayawijaya. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 2(2), 47–55. https://doi.org/10.63416/mrb.v2i2.301
Yahya, A. I. B., Purnama, S., & Supeno, S. (2023). Eksplorasi Prinsip Andragogi dalam Pendidikan Orang Dewasa: Sebuah Studi Kualitatif pada Pendidikan Formal dan Non-Formal di STIP Jakarta. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 136–152. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.505
Yusuf, T., Baptista Halik, J., & Nurlia, N. (2019). Analisis Kualitas Kehidupan Kerja (Quality Of Work Life) Terhadap Kinerja (Performance) pegawai RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. Jurnal GeoEkonomi, 10(2), 199–218. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i2.96
Wahjosumidjo. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah: Tinjauan teoretik dan permasalahannya. PT Raja Grafindo Persada
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Apdalina Nanna, Baharuddin Baharuddin, Yunus Sirante, Kristian Hoegh Pride Lambe (Penulis)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.