Peran Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang kecil: Studi Literatur
DOI:
https://doi.org/10.8844/ckdn4e97Kata Kunci:
Pasar tradisional , Pedagang kecil , Pendapatan, Manajemen usaha, Kebijakan lokalAbstrak
Pasar tradisional memiliki peran penting dalam Perkembangan perekonomian masyarakat di
Indonesia terutama bagi masyarakat kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pasar
tradisional terlibat dalam meningkatkan pendapatan pedagang kecil melalui pendekatan studi literatur
dari berbagai sumber- sumber ilmiah dari peneliti sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji
berbagai artikel ilmiah nasioanl yang membahasa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan
pedagang kecil di ruang lingkup pasar tradisional, seperti manajemen usaha, hubungan sosial, dan
kebijakan pemerintah. Hasil kajian yang telah dilakukan menunjukkan keberhasilan pedagang sangat
dipengaruhi oleh pengelolaan jam kerja, efisiensi biaya, serta dukungan sosial dan kebijakan yang dari
pemerintah. Temuan penelitian di berbagai daerah juga menunjukan ternyata memiliki faktor yang
berbeda-beda, hal tersebut tergantung pada konteks loka. Karena hal tersebut, kebijakan dalam
pemberdayaan pasar tradisional harus disesuaikan dengan kebutuhan wilayah pasar berada. Studi ini
menegaskan tentang pentingnya pendekatan kontekstual dan kebijakan pemerintah dalam
mengembangkan pasar tradisional sehingga nantinya dapat menajdi ekonomi kerakyatan yang
berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
Damayanti, T., & Rosdiana, A. (2022). Peran pemerintah daerah dalam revitalisasi pasar tradisional. Jurnal Kebijakan Publik Daerah, 3(2), 23–34.
Gunawan, H. (2018). Pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui penguatan pasar tradisional. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 18(1), 45– 53.
Halik, J. B., & Halik, M. Y. (2024). Open Innovation And Digital Marketing : A Catalyst For Culinary SMEs In Makassar. Jurnal Manajemen, 28(03), 588–612. https://doi.org/10.24912/jm.v28i3.2059
Halik, J. B., Nurlia, & Latiep, I. F. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen dI Makassar Cofee House (MCH). Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 1(1), 48–60. https://doi.org/10.63416/mrb.v1i1.163
Halik, J. B., Patandean, E. H. B., Londong, J. P., Wattilete, L. C., & Mongan, C. J. (2025). Inovasi UKM (M. Y. Halik & W. Yuliani (eds.); 1st ed.). CV. Luminary Press Indonesia.
Halik, J. B., Rantererung, C. L., Sutomo, D. A., Rasinan, D., Daud, M., & Todingbua, M. A. (2024). Era Disruptif (J. B. Halik (ed.); 1st ed.). CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=kKUDEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA179&ots=GVM0GTeahE&sig=ixF8ruUsRR4KmAtdE_GYwrlvO4k&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Kanto, M. (2023). Kemandirian Ekonomi Pedagang Pasar Tradisional Terhadap Kehadiran Pasar Modern di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(3), 406. https://doi.org/10.32493/jee.v5i3.28747
Mulyani, D., & Syahputra, H. (2020). Ketahanan usaha pasar tradisional Cibinong di masa pandemi. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 89–98.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of marketing (14th ed.). Pearson Education.
Lambe, K. H. P., & Halik, J. B. (2024). INOVASI PRODUK DAN PROSES SEBAGAI KUNCI KEUNGGULAN BERSAING UKM KULINER. Paulus Journal of Accounting (PJA), 6(1), 82–93. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/pja/article/view/805
Nikmah, K. (2023). PENDAPATAN PEDAGANG ( Studi pada Pasar Kaibon , Kecamatan Geger , Kabupaten Madiun ) SKRIPSI Oleh : Kholidatun Nikmah JURUSAN EKONOMI SYARIAH.
Roreng, P. P., Halik, J. B., Halik, M. Y., & Irdawati. (2024). Systematic Literature Review : Kondisi Makroekonomi Indonesia Pasca Pandemi Covid-19 dan Prospek di Masa Mendatang. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 2(2), 56–67. https://doi.org/10.63416/mrb.v2i2.306
Santosa, P. I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Penerbit ANDI.
Sarajar1, A. C., Engka2, D. S. M., & Wensy F. I. Rompas3. (2025). Analisis pendapatan pedagang di pasar tradisional di kawangkoan kabupaten minahasa 1,2,3. 25(2), 1–14.
Sintya J. K. Umboh, Boyke Rorimpandey, dan N. K. N. (2023). The Relationship of Operational Costs, Working Time and Length of Business to Income of Pork Traders in Traditional Markets. 6(1).
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Sutrisno, H. (2021). Pasar tradisional sebagai ruang sosial ekonomi masyarakat. Jurnal Antropologi Indonesia, 42(1), 101–115.
Susilana, R. (2015). Penelitian kualitatif dalam pendidikan ekonomi. UPI Press.
Umboh, S. J. K., & Rorimpandey, B. (2023). Analisis pendapatan pedagang daging di Pasar Amurang. Jurnal Pembangunan Wilayah, 4(3), 56–6
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Duwi Noviyanti (Penulis)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.