Peran Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang kecil: Studi Literatur

Penulis

  • Duwi Noviyanti Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak Penulis

DOI:

https://doi.org/10.8844/ckdn4e97

Kata Kunci:

Pasar tradisional , Pedagang kecil , Pendapatan, Manajemen usaha, Kebijakan lokal

Abstrak

Pasar tradisional memiliki peran penting dalam Perkembangan perekonomian masyarakat di

Indonesia terutama bagi masyarakat kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pasar

tradisional terlibat dalam meningkatkan pendapatan pedagang kecil melalui pendekatan studi literatur

dari berbagai sumber- sumber ilmiah dari peneliti sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji

berbagai artikel ilmiah nasioanl yang membahasa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan

pedagang kecil di ruang lingkup pasar tradisional, seperti manajemen usaha, hubungan sosial, dan

kebijakan pemerintah. Hasil kajian yang telah dilakukan menunjukkan keberhasilan pedagang sangat

dipengaruhi oleh pengelolaan jam kerja, efisiensi biaya, serta dukungan sosial dan kebijakan yang dari

pemerintah. Temuan penelitian di berbagai daerah juga menunjukan ternyata memiliki faktor yang

berbeda-beda, hal tersebut tergantung pada konteks loka. Karena hal tersebut, kebijakan dalam

pemberdayaan pasar tradisional harus disesuaikan dengan kebutuhan wilayah pasar berada. Studi ini

menegaskan tentang pentingnya pendekatan kontekstual dan kebijakan pemerintah dalam

mengembangkan pasar tradisional sehingga nantinya dapat menajdi ekonomi kerakyatan yang

berkelanjutan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Damayanti, T., & Rosdiana, A. (2022). Peran pemerintah daerah dalam revitalisasi pasar tradisional. Jurnal Kebijakan Publik Daerah, 3(2), 23–34.

Gunawan, H. (2018). Pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui penguatan pasar tradisional. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 18(1), 45– 53.

Halik, J. B., & Halik, M. Y. (2024). Open Innovation And Digital Marketing : A Catalyst For Culinary SMEs In Makassar. Jurnal Manajemen, 28(03), 588–612. https://doi.org/10.24912/jm.v28i3.2059

Halik, J. B., Nurlia, & Latiep, I. F. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen dI Makassar Cofee House (MCH). Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 1(1), 48–60. https://doi.org/10.63416/mrb.v1i1.163

Halik, J. B., Patandean, E. H. B., Londong, J. P., Wattilete, L. C., & Mongan, C. J. (2025). Inovasi UKM (M. Y. Halik & W. Yuliani (eds.); 1st ed.). CV. Luminary Press Indonesia.

Halik, J. B., Rantererung, C. L., Sutomo, D. A., Rasinan, D., Daud, M., & Todingbua, M. A. (2024). Era Disruptif (J. B. Halik (ed.); 1st ed.). CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=kKUDEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA179&ots=GVM0GTeahE&sig=ixF8ruUsRR4KmAtdE_GYwrlvO4k&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Kanto, M. (2023). Kemandirian Ekonomi Pedagang Pasar Tradisional Terhadap Kehadiran Pasar Modern di Kota Makassar. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(3), 406. https://doi.org/10.32493/jee.v5i3.28747

Mulyani, D., & Syahputra, H. (2020). Ketahanan usaha pasar tradisional Cibinong di masa pandemi. Jurnal Sosial Humaniora, 8(1), 89–98.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of marketing (14th ed.). Pearson Education.

Lambe, K. H. P., & Halik, J. B. (2024). INOVASI PRODUK DAN PROSES SEBAGAI KUNCI KEUNGGULAN BERSAING UKM KULINER. Paulus Journal of Accounting (PJA), 6(1), 82–93. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/pja/article/view/805

Nikmah, K. (2023). PENDAPATAN PEDAGANG ( Studi pada Pasar Kaibon , Kecamatan Geger , Kabupaten Madiun ) SKRIPSI Oleh : Kholidatun Nikmah JURUSAN EKONOMI SYARIAH.

Roreng, P. P., Halik, J. B., Halik, M. Y., & Irdawati. (2024). Systematic Literature Review : Kondisi Makroekonomi Indonesia Pasca Pandemi Covid-19 dan Prospek di Masa Mendatang. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 2(2), 56–67. https://doi.org/10.63416/mrb.v2i2.306

Santosa, P. I. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Penerbit ANDI.

Sarajar1, A. C., Engka2, D. S. M., & Wensy F. I. Rompas3. (2025). Analisis pendapatan pedagang di pasar tradisional di kawangkoan kabupaten minahasa 1,2,3. 25(2), 1–14.

Sintya J. K. Umboh, Boyke Rorimpandey, dan N. K. N. (2023). The Relationship of Operational Costs, Working Time and Length of Business to Income of Pork Traders in Traditional Markets. 6(1).

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Sutrisno, H. (2021). Pasar tradisional sebagai ruang sosial ekonomi masyarakat. Jurnal Antropologi Indonesia, 42(1), 101–115.

Susilana, R. (2015). Penelitian kualitatif dalam pendidikan ekonomi. UPI Press.

Umboh, S. J. K., & Rorimpandey, B. (2023). Analisis pendapatan pedagang daging di Pasar Amurang. Jurnal Pembangunan Wilayah, 4(3), 56–6

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2025

Cara Mengutip

Peran Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang kecil: Studi Literatur. (2025). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 1(2), 22-26. https://doi.org/10.8844/ckdn4e97