Efektivitas Pelatihan Metode GASING terhadap Kompetensi Mengajar Guru Berhitung Dasar di Nabire

Penulis

  • Ebit Rusali Program Studi Magister Manajemen, Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Manuel August Todingbua Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Kristian Hoegh Pride Lambe Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.8844/bh5sth30

Kata Kunci:

Pelatihan, Metode GASING, Kompetensi Guru

Abstrak

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas pelatihan metode GASING yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Papua Tengah terhadap peningkatan kompetensi mengajar guru dalam materi berhitung dasar di Kabupaten Nabire. Metode GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) dirancang untuk mempermudah pemahaman konsep matematika melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan model One Group Pretest-Posttest, melibatkan 60 guru sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui tes kompetensi sebelum dan sesudah pelatihan, serta observasi praktik mengajar di kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam penguasaan materi berhitung dasar, dengan rata-rata skor pretest sebesar 1,52 meningkat menjadi 3,00 pada posttest. Implementasi metode GASING dalam pembelajaran juga meningkat dari 1,43 menjadi 2,88. Analisis statistik menunjukkan nilai p < 0,05, yang mengindikasikan efektivitas pelatihan. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelatihan meliputi motivasi guru, kejelasan materi, serta kompetensi trainer. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan metode GASING efektif dalam meningkatkan kompetensi mengajar guru. Direkomendasikan untuk memperluas cakupan pelatihan serta menyediakan pendampingan berkelanjutan guna mengoptimalkan implementasi metode ini dalam pembelajaran matematika dasar.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Dewi, I. Y. M., Minggani, F., & Suhaidi, M. (2024). Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 583–591. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jmia.v1i4.2334

Fadila, F., Samin, S., & Zebua, A. M. (2023). Profesionalisme Guru Daerah Terpencil. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 100–111. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i2.2946

Faizi, A. N., Siregar, A. N., Nurjanah, S., & Masitah, W. (2024). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI DAERAH TERPENCIL MELALUI PELATIHAN GURU DAN PENYEDIAAN SUMBER BELAJAR. Inspirasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2, 49–56. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/inspirasi.v2i1.36

Iskandar, S., Rosmana, P. S., & Putri, H. I. (2024). Peran Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar yang Positif di Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 25762–25770. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/16286

Jelita, S. K., & Sholehuddin. (2024). Upaya Guru Pembimbing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 800–809.

Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Prestasi Siswa melalui Pengembangan Profesional Guru: Suatu Tinjauan Literatur. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 10(1), 13. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.648

Maulana, R. (2022). Kesenjangan Mutu Pendidikan di Wilayah Timur Indonesia. Asian Education and Development Studi, 2(2), 1–6. https://www.researchgate.net/publication/365893465_Kesenjangan_Mutu_Pendidikan_di_Wilayah_Timur_Indonesia

Munir, H., & Novita, R. (2023). PENGEMBANGAN KAPASITAS GURU MELALUI PERENCANAAN PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 4404–4413.

Ramadhan, M. Z., Setyawan, A., & Widayati, S. (2024). Pengaruh Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Maktab: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 3(2), 109–117.

Rodiyah, & Siregar, N. (2024). Belajar Matematika yang Menyenangkan Melalui Metode Permainan Sebagai Alternatif Pembelajaran di Sekolah. JISER: Journal of Islamic and Scientific Education Research, 01(02), 56–62.

Safari, Y., & Nurhida, P. (2024). PENTINGNYA PEMAHAMAN KONSEP DASAR MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Karimah Tauhid, 3, 1349–1361.

Salamah, E. R., Tiyas Rifayanti, Z. E., Trisnawaty, W., & Fitra Raharja, H. (2024). Membangun Budaya Belajar Melalui Komunitas Belajar Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(01), 37–43. https://doi.org/10.33752/abidumasy.v5i01.5894

Soeprianto, H., Muhlis, M., & Kosim, K. (2022). Pengembangan Profesi Guru Matematika Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 69–73. https://doi.org/10.29303/rengganis.v2i1.166

Taufik, A. (2024). IMPLEMENTASI METODE MATEMATIKA GASING DALAM MENINGKATKAN DAYA BERPIKIR KRITIS SISWA. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(6), 27–34. https://doi.org/https://doi.org/10.62667/begibung.v2i6.171

Tjahjadi, E. H., & Seleky, J. S. (2022). Peran Guru dalam Membangun Lingkungan Belajar Efektif pada Pembelajaran Matematika. SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (7thSENATIK) PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKAFPMIPATI-UNIVERSITAS PGRI SEMARANG, November, 350–357

Unduhan

Diterbitkan

14-03-2025

Cara Mengutip

Efektivitas Pelatihan Metode GASING terhadap Kompetensi Mengajar Guru Berhitung Dasar di Nabire. (2025). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 1(1), 173-184. https://doi.org/10.8844/bh5sth30