Analisis  Kualitas Layanan Pengadaan Barang dan Jasa di Sekretariat Daerah Kabupaten Intan Jaya

Penulis

  • Erick Tamaela Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Corvis L. Rantererung Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Baharuddin Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

DOI:

https://doi.org/10.8844/1tqmvh39

Kata Kunci:

Kualitas, Layanan, Pengadaan, Barang dan Jasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kualitas Layanan Pengadaan Barang dan Jasa di Sekretariat Daerah Kabupaten Intan Jaya. Jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara dokumentasi. Informan pada penelitian ini sebanyak 6 orang pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Intan Jaya dan OPD didalam lingkup Kab Intan Jaya. Teknik analisis data dengan analisis deskriftif kualitatif, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Kualitas Layanan Pengadaan Barang dan Jasa di Sekretariat Daerah Kabupaten Intan Jaya, ditentukan oleh beberapa elemen penting akan diulas, termasuk transparansi proses, ketepatan waktu, akurasi laporan, responsivitas pegawai, dan penggunaan teknologi.2) Faktor pendukung dalam Layanan Pengadaan Barang dan Jasa di Sekretariat Daerah Kabupaten Intan Jaya, dapat diimplementasikan melalui: regulasi yang jelas, pelatihan pegawai, dukungan pimpinan, kolaborasi dengan pihak ketiga dan sistem informasi yang efektif. 3) Faktor penghambat dalam Layanan Pengadaan Barang dan Jasa di Sekretariat Daerah Kabupaten Intan Jaya diantaranya: kurangnya sumber daya manusia yang kompeten, birokrasi yang rumit, keterbatasan anggaran untuk pengadaan barang dan jasa, kurangnya pelatihan berkelanjutan dan ketidakpastian ketersediaan barang dan jasa.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Agus, S., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian.Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 8(1).

Badan Standarisasi Nasional. Sistem Manajemen Mutu–Persyaratan ISO 9001:2015.

Bandhaso, M. L., Tandiredung, J., Palungan, E., & Sasabone, L. (2023). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Cipta Sejati Revolution Makassar. MARIOBRE: Journal of Marketing Management and Innovative Business ReviewJournal of Marketing Management and Innovative Business Review, 1(1), 35–41. https://www.ojsapaji.org/index.php/mariobre/article/view/157

Batinggi dan Badu Ahmad, 2019, Manajemen Pelayanan Publik, Yogyakarta, CV Andi Ofset

Creswell, J. W. (2019). Reseach Design: Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Faza Rahmania (2024) yang meneliti tentang Analisis Manfaat Pengadaan Barang dan Jasa Dengan Menggunakan Metode E-Procurement. Jurnal Ilmiah Research Student Vol.1, No.4 Maret 2024 e-ISSN: 3025-5694;p-ISSN:3025-5708,Hal.77-83.DOI: https://doi.org/10.61722/jirs.v1i4.887

Heizer, J., and Render, B. (2019). Operations Management. 10th Edition. Pearson Education, Inc. New Jersey.

ISO 9001: 2015: A Complete Guide to QualityManagement Systems. New York: CRC Press.

P Lupiyoadi,R. (2019). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.

Mangallo, E., Baharuddin, & Lambe, K. H. P. (2025). EFEKTIVITAS TUGAS DAN FUNGSI PENGAWAS PENYELENGGARAAN URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH DI INSPEKTORAT PROVINSI PAPUA TENGAH. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 108–115. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/865

Paembonan, R., Ma’na, P., & Halik, J. (2024). Analisis akuntabilitas kinerja keuangan daerah di kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang kabupaten biak provinsi Papua. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.63416/mrb.v2i2.254

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pengadaan barang dan Jasa di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Randan, F., Todingbua, M. A., & Buku, A. (2025). Efektifitas Pelayanan dan Penyediaan Sarana / Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Dilingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Nabire. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 101–107. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/864/712

Sanggalangi, A. D., Rantererung, C. L., & Halik, J. B. (2025). Evaluasi Rencana Kerja dan Anggaran Dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan di Inspektorat Provinsi Papua Tengah. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 86–92. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/862

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix. Method. Depok: Rajawali Pers.

Undang-Undang Nomor.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Unduhan

Diterbitkan

14-03-2025

Cara Mengutip

Analisis  Kualitas Layanan Pengadaan Barang dan Jasa di Sekretariat Daerah Kabupaten Intan Jaya. (2025). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 1(1), 146-153. https://doi.org/10.8844/1tqmvh39