Implikasi Petunjuk Teknis dan Pelaksanaan Program Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Publik di BAPPEDA Kabupaten Nabire
DOI:
https://doi.org/10.8844/hh18gg75Kata Kunci:
Petunjuk Teknis, Program Kerja, Kualitas Pelayanan PublikAbstrak
Penelitian ini menganalisis implikasi petunjuk teknis dan pelaksanaan program kerja terhadap kualitas pelayanan publik di BAPPEDA Kabupaten Nabire. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 45 pegawai sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petunjuk teknis (X1) berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik (Y), di mana kejelasan dan keterperinciannya meningkatkan efektivitas kerja pegawai. Pelaksanaan program kerja (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan publik, terutama dalam memastikan program berjalan sesuai kebutuhan masyarakat. Secara simultan, petunjuk teknis dan pelaksanaan program kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan publik. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya profesionalisme, transparansi, keterlibatan masyarakat, pelatihan pegawai, serta dukungan sarana dan prasarana dalam meningkatkan layanan publik di BAPPEDA Kabupaten Nabire
Unduhan
Referensi
Ali, S., & Sulaiman, A. (2022). Strategi pengembangan usaha dalam meningkatkan loyalitas konsumen dan profitabilitas pada Rich’s Coffee. Equilibrium Journal of Business and Economics, 14(2), 112-125.
Dori, H. P., Lambe, K. H. P., & Sabandar, S. Y. (2025). ANALISIS DAMPAK SISTEM PELAYANAN KAS DAERAH ONLINE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH DI BANK PAPUA KANTOR CABANG UTAMA NABIRE. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 27–34. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/853
Halik, J. B., Rantererung, C. L., Sutomo, D. A., Rasinan, D., Daud, M., & Todingbua, M. A. (2024). Era Disruptif (J. B. Halik (ed.); 1st ed.). CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=kKUDEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA179&ots=GVM0GTeahE&sig=ixF8ruUsRR4KmAtdE_GYwrlvO4k&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Kementerian Dalam Negeri. (2021). Pedoman teknis pelayanan publik. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri RI.
Kotler, P., & Keller, K. (2022). Marketing management (16th ed.). Pearson Education.
Kurniasari, F., & Sugiyanto, E. K. (2020). Dimensi kualitas pelayanan sebagai upaya peningkatan kepuasan pelanggan. Business Management Analysis Journal, 8(1), 112-125.
Medea, F., Sabandar, S. Y., & Badawi, R. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN ANGGARAN BELANJA PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN TORAJA UTARA. MARIOBRE: Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 2(1), 45–51. https://www.ojsapaji.org/index.php/mariobre/article/view/226
Paembonan, R., Ma’na, P., & Halik, J. (2024). Analisis akuntabilitas kinerja keuangan daerah di kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang kabupaten biak provinsi Papua. MARIOBRE: Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 2(2), 1–6. https://www.ojsapaji.org/index.php/mariobre/article/view/254/143
Rauf, S. F., Lambe, K. H. P., & Baharuddin. (2025). Analisis implementasi kartu otsus kesehatan dan kualitas pelayanan kesehatan di provinsi papua tengah. ECOHOLIC: Jurnal Ekonomi Holistik, 1(1), 1–8. https://ojs.ukipaulus.ac.id/index.php/jeh/article/view/847
Rahman, A. I. (2022). The influence of training and organizational commitment on employee performance through job satisfaction. Trending Journal of Economics, Accounting, and Management, 1(5), 1–22.
Rahardjo, W. (2022). Manajemen pelayanan publik dalam meningkatkan efektivitas birokrasi pemerintahan. Jurnal Administrasi Publik, 18(3), 78-92.
Sinaga, A. Z. (2024). Implementasi prinsip good governance dalam program kerja BAPPEDA Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 36-43. https://doi.org/10.5281/zenodo.12702754
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suyanto, A. M. A., & Agustin, D. P. (2022). Analysis of the effectiveness of social media promotion on skincare products measured by the EPIC model. Asian Journal of Research in Business and Management, 4(1), 231-239.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2022). Service quality & satisfaction (4th ed.). Andi Offset.
Wibowo, A. (2022). Manajemen sumber daya manusia: Menghadapi tumbuhnya generasi milenial di era revolusi industri 4.0. Rajawali Pers.
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (2022). Delivering quality service: Balancing customer perceptions and expectations. Free Press.