EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI SANKSI KATEGORI SEDANG TERHADAP KINERJA DAN DISIPLIN KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS YANG BERSTATUS APARATUR SIPIL NEGARA DI KABUPATEN TANA TORAJA

Penulis

  • Ribka Padang Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Liberthin Palullungan Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Yeheschiel Bartin Marewa Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis
  • Elfran Bima Muttaqin Universitas Kristen Indonesia Paulus Penulis

Kata Kunci:

sanksi kategori sedang; disiplin ASN; kinerja guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi sanksi kategori sedang bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjalankan tugas sebagai guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Tana Toraja. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 dan Peraturan Bupati Tana Toraja Nomor 94 Tahun 2021, sanksi disiplin diklasifikasikan menjadi tiga kategori: ringan, sedang, dan berat. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif-empiris dengan metode wawancara dan kuesioner untuk mengumpulkan data primer, serta studi kepustakaan untuk data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sanksi kategori sedang, seperti penurunan pangkat dan penundaan kenaikan gaji, efektif dalam meningkatkan disiplin dan kinerja guru. Namun, belum semua guru mematuhi peraturan disiplin ASN tentang jam kerja, disebabkan oleh faktor internal dan eksternal seperti kurangnya pemahaman, pengawasan yang lemah, dan sosialisasi peraturan yang kurang intensif. Solusi yang diusulkan meliputi peningkatan sosialisasi, intensifikasi pengawasan, penerapan sanksi yang tegas, dan pengaturan ulang waktu pelaksanaan tugas guru. Kesimpulannya, implementasi sanksi kategori sedang dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan disiplin dan kinerja guru jika diterapkan dengan adil dan konsisten serta didukung oleh program pembinaan yang memadai.

Diterbitkan

2024-07-31